Laporkan Masalah

STRATEGI KOMUNIKASI PEMASARAN DENGAN MEDIA SOSIAL PADA PENINGKATAN BRAND AWARENESS DAN BRAND ENGAGEMENT L-MEN

RAKHMAT GANDA W, Suci Paramitasari Syahlani, MM, Dr.

2017 | Tesis | S2 MANAJEMEN (MM) JAKARTA

PT Nutrifood Indonesia merupakan perusahaan swasta nasional yang bergerak di industri makanan dan minuman khususnya makanan dan minuman yang memberikan manfaat untuk kesegaran, kesehatan, dan penampilan yang berkualitas internasional. Inspiring a Nutritious Life merupakan misi Nutrifood. Nutrifood hadir untuk menginspirasi kehidupan yang bernutrisi. Adapun brand yang dimiliki oleh Nutridood antara lain, Nutrisari, Tropicana Slim, Hilo, L-Men, WRP dan W-Dank. Ketatnya persaingan di sektor industri makanan dan minuman terutama produk susu nutrisi protein membuat beberapa perusahaan dan pesaing melakukan berbagai cara dalam mengkomunikasikan brand dan produk mereka. Fenomena meningkatnya media sosial dianggap oleh Nutrifood dengan brand L-Men nya sebagai salah satu peluang untuk menjaring konsumen dan melakukan komunikasi dengan pelanggannya. Di tahun 2012 L-Men mencoba mengunakan fitur-fitur media sosial yang ada seperti Facebook, Twitter, Website dan Youtube. Namun sampai dengan awal tahun 2016, hal ini belum pernah dievaluasi efektif dan efisiennya pemanfaatan media sosial dalam peningkatan brand (awareness) dan brand (engagement) L-Men. Penelitian ini betujuan untuk mengatahui strategi komunikasi pemasaran dengan media sosial terhadap peningkatan brand awareness dan brand engagement pada produk L-Men sudah efektif atau belum. Model yang digunakan menggunakan social media integration model (Garcia, 2011), melihat media sosial dari 4 aspek (exposure, connecting, sharing dan feedback). Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode analisis deskriptif kualitatif, dengan data primer berupa hasil wawancara pihak manajemen Nutrifood dan followers dan data sekunder berupa laporan data report beberapa platform media sosial L-Men. Hasil dari penelitian ini diperoleh tentang bagaimana strategi komunikasi pemasaran dengan media sosial L-Men berdasarkan 4 aspek (exposure, connecting, sharing dan feedback). Aspek exposure memegang peranan vital dalam penerapan media sosial L-Men dan memiliki pengaruh yang sangat signifikan terhadap peningkatan brand awareness dan brand engagement L-Men, aspek sharing berada diurutan kedua, aspek feedback diurutan ketiga dan aspek connnecting ada diurutan terakhir. Adapun kendala yang dihadapi adalah masih belum efektifnya penggunaan tools perhitungan media sosial sebagai bahan evaluasi penggunaan platform media sosial yang sudah dijalankan. Kendala-kendala tersebut dapat disolusi dengan menggunalan tools berbayar dan melakukan training tentang penggunaan dan pemanfatan tools berbayar tersebut sebagai bahan evaluasi dan insight.

PT Nutrifood Indonesia is a national private company engaged in the food and beverage industry, especially food and beverages that provide benefits for freshness, health, and international quality appearance. Inspiring a Nutritious Life is a mission of Nutrifood. Nutrifood comes to inspire a nutritious life. The brands owned by Nutridood, among others, Nutrisari, Tropicana Slim, Hilo, L-Men, WRP and W-Dank. The tight competition in the consumer goods industry sector, especially dairy products, protein make some companies and competitors do various ways in communicating their brands and products. The phenomenon of increasing social media is considered by Nutrifood with its L-Men brand as one of the opportunities to capture consumers and communicate with their customers. In 2012 L-Men tries to use existing social media features like Facebook, Twitter, Website and Youtube. However, until the beginning of 2016, this has never been evaluated effectively and efficiently utilization of social media in increasing brand (awareness) and brand (engagement) L-Men. This research aims to know marketing communication strategy with social media to increase brand awareness and brand engagement on L-Men product is effective or not yet Model used in social media integration model (Garcia, 2011), looking at social media from 4 aspects (exposure, Connecting, sharing and feedback). The method used in this research is descriptive qualitative analysis method, with primary data in the form of interview result of Nutrifood management and followers and secondary data in the form of report data report of several social media platform L-Men. The results of this study obtained about how the marketing communication strategy with social media L-Men based on 4 aspects (exposure, connecting, sharing and feedback). The aspect of exposure plays a vital role in the application of L-Men social media and has a very significant influence on brand awareness and brand engagement improvement. The second aspect of sharing is second, the feedback aspect is third and connnecting is last. The obstacles faced is still not effective use of social media calculation tools as an evaluation of the use of social media platform that has been run. These constraints can be solved by using paid tools and training on the use and utilization of paid tools as evaluation and insight materials.

Kata Kunci : media integration model, exposure, connecting, sharing, and feedback, social media tools.