Laporkan Masalah

PROSEDUR PENGADAAN BARANG HINGGA PENERIMAAN BARANG DI DEPARTEMEN FOOD AND BEVERAGE PESONNA MALIOBORO HOTEL

FITRA JASMINE A, Arina Pramusita, S.I.P., M.Si.;Nuryuda Irdana, S.P., M.M.

2017 | Tugas Akhir | D3 KEPARIWISATAAN SV

Divisi Pengadaan Barang merupakan salah satu divisi dalam Accounting Department yang memiliki fungsi untuk mengadakan barang yang dibutuhkan oleh seluruh departemen di hotel. Salah satu dari departemen tersebut adalah Food and Beverage Department. Dalam pelaksanaan fungsinya di Pesonna Malioboro Hotel, terdapat prosedur yang harus diikuti. Mulai dari pemilihan supplier hingga pemesanan barang. Barang yang datang kemudian akan diterima oleh Divisi Penerimaan Barang dengan mengikuti prosedur yang telah ditetapkan. Tujuan yang ingin dicapai dari penulisan tugas akhir ini adalah untuk mengetahui prosedur pengadaan barang di Pesonna Malioboro Hotel. Jenis penelitian dalam tugas akhir ini yaitu deskripsi kualitatif, sedangkan metode pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi, wawancara, dan studi pustaka. Dengan adanya prosedur pengadaan barang di Pesonna Malioboro Hotel, semua barang yang diadakan dan yang datang harus dikontrol dulu kualitas dan juga kuantitasnya. Namun demikian, Food and beverage department dapat mengecek ulang barang yang ingin dipesan.

Purchasing is a sub division of Accounting Department which has function to purchase goods of all departments at hotel, which one of them is Food and Beverage Department. Purchasing division at Pesonna Malioboro Hotel, has some procedures which are must to be followed. Ever since purchasing look for supplier up to ordering the goods. According to the procedures, the goods that have arrive at hotel then checked by receiving. The final paper aims to determine the procedure of purchasing at Pesonna Malioboro Hotel. The research which is used at this final paper is qualitative. The data were obtained from observation, interview, and literature study. The procedure of purchasing at Pesonna Malioboro Hotel, has made the goods that arrive at hotel had some quality and quantity checking. However, Food and beverage department have to do some recheck before order some goods.

Kata Kunci : Hotel, purchasing, accounting, receiving

  1. D3-2017-368939-abstract.pdf  
  2. D3-2017-368939-bibliography.pdf  
  3. D3-2017-368939-tableofcontent.pdf  
  4. D3-2017-368939-title.pdf