PENGALAMAN PASIEN KANKER TERHADAP PERILAKU CARING PERAWAT DI RSUP DR SARDJITO YOGYAKARTA
NIKEN D CAHYANINGSIH, Dr. Fitri Haryanti, S.Kp., M.Kes.; Dr.Dra. Budi Wahyuni, MM, MA.
2017 | Tesis | S2 Ilmu Kesehatan MasyarakatLatar belakang: Rumah sakit yang memberikan pelayanan dengan konsep patient-centered care, akan melibatkan pasien dan keluarga untuk mengidentifikasi dan memenuhi kebutuhan dan harapannya. Tenaga kesehatan professional, pasien dan keluarga harus memiliki persamaan pandangan pada aspek caring untuk memastikan bahwa kebutuhan individu telah tercapai. Pada semua stadium kanker, kebutuhan pasien dan keluarga sangat kompleks. Caring merupakan hal yang unik bagi tiap individu dan merupakan hak tiap individu untuk mendefinisikan caring. Dengan mengetahui perilaku caring dari persepsi pasien, diharapkan dapat menjadi data evaluasi bagi peningkatan layanan pasien dengan kanker sehingga dapat meningkatkan kepuasan pasien dan berujung pada peningkatan profesionalisme perawat. Tujuan: Untuk mengeksplorasi pengalaman pasien kanker terhadap perilaku caring yang dilakukan perawat di ruang bugenvil 3 RSUP Dr. Sardjito Metode: Jenis penelitian ini adalah kualitatif yang menggali pengalaman pasien kanker terhadap penerapan caring di ruang bugenvil 3 RSUP Dr Sardjito. Pengumpulan data dilakukan dengan melakukan wawancara mendalam kepada 8 informan. Triangulasi data dilakukan dengan melakukan wawancara kepada satu keluarga pasien, satu perawat dan melakukan observasi pada interaksi perawat-pasien pada shift perawat saat jaga pagi, siang dan malam pada hari kerja dan hari libur. Hasil dan Pembahasan: penelitian ini mendapatkan 5 tema: 1) Pola koping pasien dalam menghadapi sakitnya, 2) Pengalaman negatif pada pelayanan keperawatan, 3) Pengalaman positif pada pelayanan keperawatan, 4) Pasien membutuhkan informasi yang jelas, 5) Harapan pasien pada pelayanan keperawatan. Pengalaman yang dirasakan pasien menjadi pengalaman yang positif saat pasien merasakan kepuasan terhadap pelayanan yang diberikan, dan menjadi pengalaman negatif saat pelayanan tidak sesuai dengan harapan pasien. Pasien menginginkan informasi tentang jadual tindakan, obat-obat yang diberikan bahkan informasi ruangan tentang tata aturan yang ada di ruang rawat. Pasien juga menyampaikan harapan agar pelayanan keperawatan menjadi lebih baik. Kesimpulan: pasien menilai perawat telah melakukan pekerjaannya dengan baik. Pengalaman positif dengan perilaku caring perawat dirasakan oleh pasien. Meskipun demikian pasien juga merasakan masih ada beberapa pengalaman negatif selama pasien di rawat di ruang rawat bugenvil 3 yang akan menjadi salah satu data awal untuk peningkatan pelayanan keperawatan.
Background: Implementation of patient-centered care in hospital should involve patient and family to identify and meet patient their need and expectation. Health professionals, patient and family should have a common understanding of caring aspect to ensure individual need are met. Necessary of patient and family on all stage of cancer are complex. Caring is unique to each individual and individual right to defines caring. Understanding caring behavior from patient perception are expected to be an evaluation data for improvement of patient service with cancer so encourage the improvement of patient satisfaction and lead nurse professionalism. Objective: Exploring perception of cancers patient towards nursing caring in Bugenvil 3 Room, RSUP Dr. Sardjito. Method: Type of study was qualitative and study design used explorative study to explored cancers patient experiences towards implementation of nursing caring in room of bugenvil 3, RSUP Dr Sardjito. Collecting data through indepth interview to 8 informant. Data triangulation conducted by interviewed a patient family, a nurse and observation on interaction among patient-nurses in morning, afternoon and night shift. Result and Discussion: Result showed 5 theme: 1) patients coping pattern to faced the illness, 2) negative experienced towards nursing care 3) Positive experienced towards nursing care, 4) Patient necessity for clear information 5) patient expectation towards nursing care. A patients positive experience was formed if the services made patient satisfaction and a negative experience formed due to patient got services lower than patients expectation. Patients need information about treatment schedule, medications and information about rules in inpatient room. Patient also expressed an expectancy nursing care will be better. Conclusion: Patients assess nurses have done a good job. Caring behavior has develop positive experience among patient and nurse. Nevertheless the patient still some negative experiences during treatment in room of bugenvil 3, which will be one of the earliest data for the improvement of nursing service.
Kata Kunci : caring, pasien kanker, pengalaman pasien, Caring, Cancers Patient, Patient Experience.