Laporkan Masalah

Analisa Strategi Bersaing PT. Pertamina Lubricants di Pasar Domestik Era MEA

FARISA MUTIA, Amin Wibowo, M.B.A., Ph.D.

2017 | Tesis | S2 MANAJEMEN (MM) JAKARTA

Strategi bersaing adalah pencarian akan posisi bersaing yang menguntungkan dalam suatu industri dimana tempat terjadinya persaingan tersebut. Penekanan dan perencanaan strategi adalah pernyataan bahwa adanya manfaat yang signifikan diambil melalui proses terperinci dalam merumuskan strategi, untuk memastikan paling tidak kebijakan bagian fungsional terkoordinasi dan terarah pada tujuan yang sama. Penelitian ini membahas mengenai strategi bersaing yang dilakukan perusahaan PT. Pertamina Lubricants di pasar domestic pada era MEA. Dilakukan penelitian ini dilihat selama dua tahun (2015-2016) penjualan pelumas perusahaan tidak mengalami kenaikan signifikan, bahkan menunjukkan penurunan. Selain hal tersebut peningkatan kompetitor di pasar domestik kian meningkat. Tujuan dari penelitian ini adalah (1) mendapatkan kondisi lingkungan internal dan eksternal (kelemahan dan kekuatan serta peluang dan ancaman) di PT. Pertamina Lubricants (2) analisa yang dilakukan dari kondisi lingkungan eksternal dan internal tersebut maka membantu menentukan strategi persaingan terbaik untuk pasar domestik dalam berlakunya MEA di PT. Pertamina Lubricants. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif deskriptif dengan melakukan wawancara pada pihak internal PT. Pertamina Lubricants yaitu top management dan pihak eksternal para pengguna pelumas baik untuk kendaraan mobil maupun motor. Analisa penelitian ini menggunakan metode SWOT, five forces analysis, dan strategi bersaing value chain. Hasil dari analisa penelitian diperoleh bahwa strategi bersaing value chain yang harus dipertahankan PT. Pertamina Lubricants adalah diferensiasi. Dimana perusahaan harus lebih berhati-hati terhadap ancaman masuknya pendatang baru dan lebih fokus pendekatan terhadpa pelanggan mengutamakan kualitas dan harga terbaik yang diberikan. Selain itu perusahaan lebih memperhatikan kebutuhan pelanggan memberikan produk dengan jenis yang beraneka ragam sesuai dengan spesifikasi mesin yang dimiliki pelanggan.

Competitive strategy is about to find the best competitive position in an industry where the site of the competition. Emphasis and planning strategy is the assertion that the existence of significant benefit taken through a detailed process in formulating the strategy, to ensure at least a functional part of a coordinated policy and focused on the same goal. This research discusses the competitive strategy of the company PT. Pertamina Lubricants in the domestic market in the era of MEA. The research carried out for two years (2015-2016) Lubricant sales for this company is not significantly increased, even showing a decline. In addition, for competitor increase in domestic market.. The purpose of this research were (1) to get the internal and external environmental conditions (strengths and weaknesses, opportunities and threats) at PT. Pertamina Lubricants (2) to analysis undertaken of the external environment and the internal competition then help determine the best strategy for the domestic market in the era of MEA in PT. Pertamina Lubricants. This research is a descriptive qualitative research by conducting interviews on the part of top management, internal employee PT. Pertamina Lubricants and external parties use lubricants for car or motorcycle. This research analysis using the SWOT method, five forces analysis, competitive strategy and value chain. Results of the analysis showed that the competitive strategy of value chain that must be maintained PT. Pertamina Lubricants is differentiation. Where the company should be more wary of the threat of entry of new comers and a more focused approach to customer about quality and best price given in the market. In addition the company should be aware about customer needs to provide products of diverse types according to customer specifications owned machines.

Kata Kunci : Strategi bersaing, SWOT, Five Forces Analysis, Value Chain Analysis