Laporkan Masalah

TES POTENSI AKADEMIK PASCASARJANA (PAPS) SEBAGAI PREDIKTOR PRESTASI BELAJAR PADA MAHASISWA MAGISTER PSIKOLOGI UGM

NURHAYATI, Wahyu Widhiarso,S.Psi.,M.A.

2017 | Skripsi | S1 PSIKOLOGI

PAPS merupakan tes potensi akademik (TPA) yang digunakan sebagai instrumen untuk menyeleksi calon mahasiswa pascasarjana di UGM. Dalam kegunaannya sebagai instrumen seleksi tersebut, PAPS berfungsi untuk mengukur potensi akademik calon mahasiswa, yakni potensi yang mendasari keberhasilan seseorang jika ia mengikuti pembelajaran di tingkat pascasarjana. Prestasi belajar atau keberhasilan dalam belajar dapat dilihat setelah mahasiswa mengikuti proses pembelajaran di program pendidikan yang diikutinya. Penelitian ini bertujuan untuk melihat seberapa besar kemampuan prediksi PAPS dalam memprediksikan keberhasilan belajar mahasiswa di tahun pertama perkuliahan pada Mahasiswa program Magister Psikologi UGM. Metode analisis dalam penelitian ini menggunakan analisis korelasi. Hasil analisis dari penelitian ini menunjukkan bahwa PAPS mampu memprediksi prestasi belajar mahasiswa program Magister Psikologi UGM angkatan tahun 2013 sampai dengan tahun 2015.

PAPS is an academic potential test that used as an instrument for selected post graduate students at Universitas Gadjah Mada. PAPS serves to measure academic potential from the prospective student. The potential test give us a basic information about a successfullness of the student during the learning process. Learning achievement can be seen after the student followed the learning process in their major. This research aimed to see how big the PAPs capability to predict a learning successfullness of the Master Psychology universitas Gadjah Mada student in the first year. The analysis of this research is using a correlation method. The results from this research has indicate that PAPS is able to predict the achievement of studentsFrom these results it becomes said that PAPS can be a good predictor enough of the learning achievement.

Kata Kunci : Kata kunci: Tes Potensi Akademik, PAPS, Prestasi Belajar, Validitas Prediktif

  1. S1-2017-317648-abstract.pdf  
  2. S1-2017-317648-bibliography.pdf  
  3. S1-2017-317648-tableofcontent.pdf  
  4. S1-2017-317648-title.pdf