Laporkan Masalah

PENYESUAIAN DIRI AKADEMIK MAHASISWA PERANTAU DI GBI GENERASI BARU YOGYAKARTA DITINJAU DARI DUKUNGAN SOSIAL

YUNITA LESTARI, Diana Setiyawati, MHSc, Ph.D., Psikolog

2017 | Skripsi | S1 PSIKOLOGI

Masih terdapat mahasiswa perantau yang tidak mampu optimal dalam menjalani perkuliahan karena ketidakmampuannya dalam menyesuaikan diri di lingkungan kampus. Tujuan dilakukannya penelitian ini adalah untuk menguji secara empirik tentang hubungan antara dukungan sosial dengan penyesuaian diri mahasiswa perantau dari luar Jawa. Hipotesis yang diajukan dalam penelitian ini adalah dukungan sosial berhubungan dengan penyesuaian diri mahasiswa perantau. Subjek penelitian adalah 110 mahasiswa perantau dari luar Jawa di GBI Generasi Baru. Alat ukur yang digunakan dalam penelitian ini adalah Student Adaptation to College Questionnaire (SACQ) oleh Baker & Siryk untuk mengukur penyesuaian diri mahasiswa (1989) dan Social Provisions Scale (SPS) oleh Cutrona & Russell untuk mengukur dukungan sosial (1987). Metode analisis data yang digunakan untuk membuktikan hipotesis penelitian dilakukan dengan menggunakan formula Pearson Product-Moment. Hasil analisis menunjukkan rxy=0,642; p=0,000 yang berarti terdapat hubungan antara dukungan sosial dengan penyesuaian diri mahasiswa perantau dari luar Jawa di GBI Generasi Baru, sehingga hipotesis penelitian diterima. Hal ini menunjukkan bahwa dukungan sosial memprediksi hasil positif bagi penyesuaian diri pada mahasiswa perantau.

There are students who can't optimal in college because of the inability to adapt in a campus environment. The purpose of this study is to investigate regard relation between social support and adjustment to immigrant students from outside Java. The proposed hypothesis in this research is that the social support is positively related to immigrant students adjustment. The subjects of the research are 110 immigrant students from outside Java in GBI Generasi Baru. Measuring instrument used in this study are the Student Adaptation to College Questionnaire (SACQ) by Baker & Siryk to measure student's adjustment (1989) and the Social Provisions Scale (SPS) by Cutrona and Russell to measure social support (1987). To analyze the data using correlation Product-Moment by Pearson. Result showed the number of rxy = 0.642; p = 0.000, which means there is a relationship between social support and adjustment among immigrant students from outside Java in GBI Generasi Baru, so that the research hypothesis is accepted. Findings indicate that social support predict positive outcomes for adjustment of immigrant students.

Kata Kunci : Kata kunci: dukungan sosial, penyesuaian diri, mahasiswa perantau