Laporkan Masalah

PENGARUH BERMAIN PUZZLE MENYIKAT GIGI TERHADAP KEBERSIHAN MULUT ANAK USIA 5-6 TAHUN (Kajian pada siswa TK PKK 81 Amongsiwi Warungpring Mulyodadi Bambanglipuro Bantul Yogyakarta)

NURUL SETYO WULANDARI, drg. Putri Kusuma Wardani M, M.Kes., Sp.KGA(K);. drg. Ignatius Sulistyo Jatmiko, M.Kes., Sp.KGA

2017 | Skripsi | S1 HIGIENE GIGI

Usia 5-6 tahun merupakan usia yang cenderung lebih suka bermain sambil belajar. Salah satu media yang dapat digunakan untuk meningkatkan perkembangan kognitif dan motorik halus anak adalah permainan puzzle. Bermain puzzle menyikat gigi adalah suatu media bermain dengan cara menggabungkan potongan-potongan gambar menyikat gigi sehingga menjadi sebuah gambar yang utuh. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh bermain puzzle menyikat gigi terhadap kebersihan mulut anak usia 5-6 tahun. Subjek terdiri atas 32 anak dengan rentang usia 5-6 tahun yang dibagi menjadi 2 kelompok masing-masing berjumlah 16 anak. Kelompok I merupakan kelompok perlakuan yang diberi penyuluhan dengan bermain puzzle menyikat gigi dan kelompok II merupakan kelompok kontrol yang diberi penyuluhan tanpa bermain puzzle menyikat gigi. Pemeriksaan kebersihan mulut dilakukan dengan skoring plak pada permukaan gigi menggunakan metode PHP. Data dianalisis dengan uji independent t test. Hasil penelitian menunjukkan bahwa rerata selisih skor plak gigi antara sebelum dan sesudah penyuluhan dengan bermain puzzle menyikat gigi (1.156±0.685) lebih besar bermakna (p>0.05) dibandingkan tanpa bermain puzzle menyikat gigi (0.512±0.873). Berdasarkan hasil penelitian disimpulkan bahwa bermain puzzle menyikat gigi lebih meningkatkan kebersihan mulut anak usia 5-6 tahun dibandingkan tanpa bermain puzzle menyikat gigi.

5 to 6-year-old children tend to prefer to play while learning. One medium that can be used to improve cognitive and fine motor development of children is a puzzle game. Play puzzle tooth brushing is a media played by combining pieces of the pictures of brushing teeth to become a complete picture. This study aimed to determine the effect of tooth brushing puzzle play towards the oral hygiene of children aged 5-6 years old. Subjects consisted of 32 children age 5-6 years, divided into two groups with 16 children each group. The Group 1 was the treatment group, were given the counseling using the brushing teeth puzzle, and, the group 2 were the control group, were given counseling without brushing teeth puzzle. Oral hygiene examination carried out by the scoring of the plaque on the tooth surface by using PHP. The data were analyzed by independent t-test. The result of this research showed that the mean of the plaque score differences between before and after counseling used the brushing teeth puzzle (1.156±0.685) was bigger than (p>0.05) the group without treatment used brushing teeth puzzle (0.512±0.873). Based on the result of the research, the application of the brushing teeth puzzle was more effective to improve the oral hygiene for the 5 to 6-years-old children than the group without teeth brushing puzzle.

Kata Kunci : Bermain Puzzle Menyikat Gigi, Kebersihan Mulut, Usia 5-6 tahun/Brushing Play Puzzle, Oral hygiene, Age of 5-6 years old

  1. S1-2017-328853-abstract.pdf  
  2. S1-2017-328853-bibliography.pdf  
  3. S1-2017-328853-tableofcontent.pdf  
  4. S1-2017-328853-title.pdf