Laporkan Masalah

Perbedaan Pengaruh Musik Instrumen dengan Musik Berlirik terhadap Memori yang Bermuatan Emosi

MARIA KARINA PUTRI DIWANTI, Prof. Dr. Thomas Dicky Hastjarjo

2017 | Skripsi | S1 PSIKOLOGI

Memori dapat dipengaruhi oleh beberapa hal, salah satunya emosi. Hubungan memori dengan emosi sudah sering dibuktikan hingga membentuk adanya teori mood congruence dimana seseorang lebih mengingat hal sesuai dengan keadaan emosinya. Emosi dapat diinduksi dengan berbagai cara, salah satunya dengan musik. Musik yang sering ditemui dalam kehidupan sehari-hari adalah musik berlirik. Belum banyak penelitian mengenai musik berlirik dilakukan, khususnya pengaruhnya terhadap memori. Penelitian bertujuan untuk mengetahui perbedaan pengaruh musik instrumen dengan musik berlirik terhadap memori. Penelitian ini menggunakan two-group post-only design. Partisipan sebanyak 67 orang (33 kelompok instrumen, 34 kelompok lirik). Stimulus yang digunakan adalah daftar kata dan musik positif yang sudah diujicobakan terlebih dahulu. Pengukuran memori menggunakan free-recall dan pengukuran emosi menggunakan PANAS (Positive Negative Affect Schedule). Data dianalisis menggunakan t-test dan menghasilkan p=0,594 (p>0,05) untuk memori positif, p=0,947 (p>0,05) untuk memori negatif, p=0,930 (p>0,05) untuk emosi positif, dan p=0,145 (p>0,05) untuk emosi negatif. Tidak ada perbedaan signifikan pengaruh dari musik instrumen dengan musik berlirik baik terhadap memori dengan muatan emosi.

The relationship between memory and emotion have been proven with mood congruence, where's people remember the memory according their emotion. Emotion can be induced in various ways, include music. Music that commonly encountered in daily life is a music with lyric, but the research about music with lyric is limited. The research mostly used instrumental music, especially when the research connected to memory. This research aims to knows the difference influence of instrumental music and music with lyric on memory. This study used the two-group posttest-only design with 67 participants (33 in instrumental group, 34 in lyric group). The stimulus used a words list and positive music that had already been tried out. Measurement of memory used free-recall and measurement of emotion using Positive Negative Affect Schedule (PANAS). Data was analyzed by t-test and the result showed p=0.594 (p>0.05) for positive memory, p=0.947 (p>0.05) for negative memory, p=0.930 (p>0.05) for positive emotion, and p=0.145 (p>0.05) for negative emotion. There are no significant differences in the influence of instrumental music and music with lyric to emotional memory.

Kata Kunci : memori, emosi, musik

  1. S1-2017-329505-abstract.pdf  
  2. S1-2017-329505-bibliography.pdf  
  3. S1-2017-329505-tableofcontent.pdf  
  4. S1-2017-329505-title.pdf