Laporkan Masalah

The Roles of Public Relation Division in Managing Mass Communication for Image Enhancement at PT PLN Persero

RESTI NURUL KHAQIQI, Tri Nuraniwati,S.S., M.A.; Ahmad Mu'am,S.S., M.Sc

2017 | Tugas Akhir | D3 BAHASA INGGRIS SV

Berkembangnya sebuah perusahaan tentunya tidak lepas dari kerjasama antara perusahaan dengan lingkukngannya. Segala aktivitas yang telah di lakukan demi mencapai tujuan perusahaan akan lebih baik dengan komunikasi massa.dalam komunikasi massa humas sangat berperan penting bagi perusahaan. Hal ini di rasakan oleh humas PT PLN dalam melakukan kegiatan promosi, menangani isu-isu yang berkembang dan menjaga nama baik perusahaan. Tujuan tugas akhir ini ubtuk menjelaskan peran hubungan masyarakat dalam mengelola komunikasi massa untuk meningkatkan citra pada PT PLN (Persero). Tugas akhir ini dilakukan dengan cara study lapangan dan studi pustaka. Dalam studi pustaka terdapat beberapa buku yang dijadikan referensi untuk mendukung tugas akhir ini. Di sisi lain untuk studi lapangan yaitu mengikuti magang selama 2 bulan, di mulai dari tanggal 15 febuari 2016 dan berakhir 15 april 2016. Data lapangan diperolah dari observasi langsung dan beberapa wawancara telah di laksanakan. Pada penulisan tugas akhir ini untuk mendukung data lainnya ada beberapa photo yang telah di ambil. Hasil penilitian menunjukan ada beberapa cara yang di lakukan humas PT PLN dalam meningkatkan citra perusahaan melalui komunikasi massa. Cara-cara yang dilakuklan antara lain dengan cara melakukan CSR, pln goes to school, talk show radio, talk show televisi, menanggapi berita berita negative dan keluhan masyarakat melalui media massa. Dari cara- cara tersebut PT PLN (Pesero) mendapatkan nilai positive dari masyarakat, menurunnya berita negative mengenai PT PLN (Persero),

The development of a company would certainly not be separated from the cooperation between the company and its environment. All the activities that have been carried out to achieve the company goals will be better if there is a mass communication. In mass communication, public relations is very important for the company. It is felt by public relations of PT PLN in conducting promotional activities, addressing the developing issues and maintaining the company reputation. The purpose of this graduating paper is to describe the roles of public relation division in managing mass communication for image enhancement at PT PLN (Persero). This graduating paper uses qualitative methods which describe The Role of Public Relations in Managing Mass Communication for Image Enhancement at PT PLN (Persero) Yogyakarta Region by some pictures and table. The data were collected during the internship program at PT PLN (Persero) Yogyakarta Region for 2 months, it was from February 15th to April 15th 2016. In addition, the writer conducted interviews to staff of PR (Public Relation division) at PT PLN (Persero) Yogyakarta Region. Besides, the writer uses some books to add knowledge about Public Relation and Mass Communication. The results show that there are several ways carried out by public relations of PT PLN in improving the corporate image through mass communication. The ways carried out are, among others, performing CSR, PLN goes to school, radio talkshows, television talkshows. From the ways PT PLN get positive value from society, decrease of negative news on PT PLN

Kata Kunci : Mass Communication, Public Relations, PT PLN

  1. D3-2017-351592-abstract.pdf  
  2. D3-2017-351592-bibliography.pdf  
  3. D3-2017-351592-tableofcontent.pdf  
  4. D3-2017-351592-title.pdf