Laporkan Masalah

ANALISIS STRATEGI BISNIS CV ZOEHADA PANGAN KREATIF DALAM MENGHADAPI PERSAINGAN INDUSTRI PANGAN DI DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA

PANGARIBOWO RAMDANI, Bambang Riyanto L.S., Prof., Dr., M.B.A., CMA

2017 | Tesis | S2 Manajemen

Perusahaan dalam menjalankan aktivitas bisnisnya tidak lepas dari berbagai aspek lingkungan, baik itu aspek eksternal maupun aspek internal. Kedua aspek tersebut dapat menjadi pertimbangan perusahaan dalam mengevaluasi strategi yang sudah berjalan yang sedianya dipergunakan perusahaan agar mampu bersaing dan bertahan dalam persaingan bisnis. Tujuan utama dari penelitian ini adalah untuk mengevaluasi strategi CV Zoehada Pangan Kreatif (Bakpiapia), yaitu menganalisis lingkungan eksternal perusahaan (industri pangan di Yogyakarta) serta menganalisis lingkungan internal perusahaan, sehingga nantinya akan dapat ditarik kesimpulan apakah strategi perusahaan masih efektif untuk diterapkan dalam persaingan industri pangan saat ini dan memberikan alternatif strategi untuk meningkatkan kemapuan bersaing dalam industri pangan di Yogyakarta. Data yang dipergunakan dalam penelitian ini berupa data primer yang diperoleh melalui proses wawancara dengan pihak manajemen CV Zoehada Pangan Kreatif dan data sekunder yang diperoleh dengan mempelajari dokumen dari pihak ketiga yang berhubungan dengan perusahaan serta industri terkait, antara lain data dari BPS dan Disperindagkop Yogyakarta. Untuk menganalisis strategi, penelitian ini menggunakan analisis internal, yaitu aspek pemasaran, aspek keuangan, aspek operasional, dan aspek sumber daya manusia, sedangkan untuk analisis eksternal menggunakan analisis karakteristik industri, analisis porter five forces, analisis driving forces, dan analisis key success factors yang selanjutnya dievaluasi menggunakan analisis SWOT untuk melihat faktor kekuatan, kelemahan, peluang, dan ancaman dari industri pangan di Yogyakarta. Langkah terakhir adalah merumuskan alternatif strategi. Perumusan tersebut diperoleh dari hasil analisis internal perusahaan (kekuatan dan kelamahan) dan hasil analisis eksternal perusahaan (peluang dan ancaman) agar perusahaan dapat memperoleh strategi terbaik sebagai langkah untuk memanfaatkan / memaksimalkan sumber daya perusahaan guna bersaing dalam industri pangan di Yogyakarta.

In running its business, a company needs to know all internal and external aspect around them. Both aspects could be taken into consideration to evaluate current strategies which used to compete and survive against competition in the industry. The main purpose of this research is to evaluate CV Zoehada Pangan Kreatif (Bakpiapia) strategy using external analysis and internal analysis. After all been done, it could be concluded if the strategy still could be reasonable enough to be used against the competition and what the alternative strategies might be to increase companys capability in competing in the food industry in Yogyakarta. This research used primary and secondary data. Data is acquired by conducting direct research towards the research object. In compiling data, the author conducted interviews to the management of CV Zoehada Pangan Kreatif and acquired by learning documents in the form of data recorded which were made and built by third parties such as BPS and Disperindagkop Yogyakarta. Internal and external analysis were used to analyze the company strategies. To evaluate strategies using internal analysis, this research used marketing aspect, financial aspect, operational aspect, and human resource aspect. Whereas external analysis used industry characteristic analysis, Porters Five Forces analysis, driving forces analysis, and key success factors analysis, and then further research was analyzed using SWOT analysis to know its strengths, weaknesses, opportunities, and threats in food industry in Yogyakarta. Final step was to formulate alternative strategies. Strategies formulation were obtained from internal and external analysis so that company could have best strategy to survive and compete in the food industry in Yogyakarta.

Kata Kunci : CV Zoehada Pangan Kreatif, analisis internal; aspek pemasaran, aspek keuangan, aspek operasional, dan aspek sumber daya manusia, analisis eksternal; analisis karakteristik industri, analisis porter five forces, analisis driving forces, dan analisis key s