Hubungan antara Intensitas Penggunaan Kosmetika dengan Citra Diri Remaja Putri
ASTRID NAMIRA MAJID, Esti Hayu Purnamaningsih, Dr., M.S., Psikolog
2017 | Skripsi | S1 PSIKOLOGICitra diri yang negatif dapat menyebabkan masalah-masalah psikologis. Selain itu, penggunaan kosmetika yang salah juga akan menyebabkan masalah-masalah pada kulit. Namun, hal tersebut tidak mempengaruhi para wanita dan remaja putri untuk tetap rutin menggunakan kosmetika. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan antara intensitas penggunaan kosmetika dengan citra diri remaja putri. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif. Sampel penelitian berjumlah 157 orang siswi kelas 10, 11, dan 12 yang berasal dari beberapa Sekolah Menengah Atas (SMA) di Yogyakarta. Instrumen penelitian menggunakan Skala Citra Diri dan Skala Intensitas Penggunaan Kosmetika yang disusun oleh peneliti. Analisis data menggunakan regresi linier sederhana. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hipotesis diterima yaitu terdapat hubungan positif yang signifikan antara intensitas penggunaan kosmetika dengan citra diri remaja putri (t = 2,697; p = 0,008), yang berarti semakin rutin seseorang memakai kosmetika, maka citra dirinya juga akan semakin meningkat. Kosmetika yang sering digunakan oleh remaja putri adalah kosmetika pelembab & pelindung dan kosmetika yang sangat jarang digunakan adalah kosmetika perawatan. Sumbangan efektif (R2) variabel Intensitas Penggunaan Kosmetika dalam mempengaruhi variabel citra diri adalah sebesar 0,045 atau 4,5% yang berarti intensitas penggunaan kosmetika dapat mempengaruhi citra diri remaja putri sebesar 4,5%.
Negative self-image can lead to psychological problems. In addition, the use of cosmetics would also cause problems to the skin. However, it does not affect women and girls to keep the routine use of cosmetics. The purpose of this study was to determine the relationship between the intensity of the use of cosmetics with self-image in young women. Hypothesis of this study was to determine the relationship between the intensity of the us of cosmetics with the self-image of young womens. This study used quantitative research methods. These samples included 157 grade 10, 11 and 12 are derived from senior high schools in Yogyakarta. The research instrument used Self Image Scale and Intensity of The Use of Cosmetics Scale compiled by researchers. Analysis of data using simple linear regression. The results showed that the hypothesis is accepted that there is a significant positive relationship between the intensity of the use of cosmetics with self-image in young women (t = 2.697; p = 0.008), which means the routine someone wearing cosmetics, then their self image also will increase. Kind of cosmetics are routinely used by young women are moisturizing and protective cosmetics and cosmetics are very rarely used is treatments cosmetic . Effective contribution (R2) in intensity of the use of cosmetics variable in affecting the self-image variable is equal to 0.045 or 4.5%, which means that the intensity of the use of cosmetics can affect self-image by 4.5%.
Kata Kunci : citra diri, remaja putri, kosmetika, intensitas penggunaan kosmetika