Laporkan Masalah

Analisis Hubungan Kualitas Sekolah dan Prestasi Siswa di Sekolah: Menggunakan Data Survei Aspek Kehidupan Rumah Tangga Indonesia (SAKERTI) Tahun 2000

CHRISTINA ADIRATNA RAHMAN, Gumilang Aryo Sahadewo, S. E., M.A

2017 | Skripsi | S1 ILMU EKONOMI

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis hubungan atau korelasi kualitas sekolah dan prestasi siswa di sekolah. Kualitas sekolah diukur melalui variabel rasio guru siswa, pendidikan tertinggi gurub dan pengalaman mengajar guru. Data yang dipakai dalam penelitian adalah data survei IFLS gelombang 3 (tahun 2000). Metode regresi yang digunakan adalah Ordinary Least Square (OLS). Hasil yang didapat adalah bahwa rasio guru siswa tidak berpengaruh signifikan terhadap prestasi siswa di sekolah. Sedangkan pendidikan dan pengalaman guru berkorelasi positif dan signifikan berpengaruh terhadap prestasi siswa di sekolah. Hasil lainnya menunjukkan bahwa ditemukan perbedaan pengaruh ukuran kualitas sekolah di sekolah negeri dan swasta. Perbedaannya terletak pada variabel pendidikan guru. Artinya pengaruh pendidikan guru terhadap nilai ujian siswa menunjukkan perbedaan jika ditinjau dari tipe sekolah. Variabel lain yaitu rasio guru siswa dan pengalaman guru tidak signifikan ditunjukkan oleh tingat signifikansi variabel interaksi. Sehingga disimpulkan rasio guru siswa dan pengalaman guru memberikan pengaruh yang sama terhadap nilai ujian siswa di sekolah negeri dan swasta.

The aim of this study is to analyze the relationship or correlation of school quality and student achievement at school. School quality in this study measured by teacher-student ratio, teacher highest education and teacher experience. The paper used IFLS data wave 3 (2000). This paper uses Ordinary Least Square (OLS) method. Result of the paper showing that teacher-student ratio does not significantly influence in change in student achievement at school. While teacher highest education and teacher experience positively correlated to the change in student achievement at school. Other results showing that there is effect differences in school quality at public and private school. The differences lies in the teacher highest education. This means that the effect of teacher education on student test score show the difference in terms of type school. Another variable are teacher-student ratio and teacher experience does not significantly difference in the terms of type school. Thus concluded that teacher-student ratio and teachers experience showing same effect on test scores of students in public and private schools.

Kata Kunci : kualitas sekolah, nilai ujian, swasta, negeri

  1. S1-2017-346593-abstract.pdf  
  2. S1-2017-346593-bibliography.pdf  
  3. S1-2017-346593-tableofcontent.pdf  
  4. S1-2017-346593-title.pdf