BLENDING IN ADVERTISEMENTS FOR EVENTS: A MORPHOLOGICAL STUDY
SALSABILA BUNGA S, Dra. Rio Rini Diah Moehkardi, M.A.
2017 | Skripsi | S1 SASTRA INGGRISBlending, teknik penggabungan dua kata atau lebih menjadi satu dimana setidaknya salah satu kata dipotong, sering digunakan dalam membuat iklan karena hasilnya terbilang unik dan menarik. Menurut Hosseinzadeh ada 7 tipe blend berdasarkan pemenggalan di setiap kata. Berdasarkan hal tersebut, 50 iklan untuk acara yang terselenggara di Yogyakarta selama tahun 2014 sampai 2017 telah diklasifikasikan dengan membedah setiap kata yang tergabung dalam satu blend, serta dicari yang paling sering digunakan, yang kemudian berujung pada temuan bahwa tipe overlapping (pelesapan) merupakan jenis yang paling sering dipakai. Dari 7 jenis tipe blending, hanya ada 5 jenis yang dapat diimplementasikan dalam data yang ditemukan. Kelima jenis tersebut adalah overlapping (Guitarun, Marketaste), kata yang terbentuk dari bagian pertama kata pertama serta bagian akhir kata terakhir (Fooshion, Broadmosphere), blend dari kata pertama yang utuh dan bagian akhir dari kata terakhir (Lenspired, Earthernity), blend terbuat dari bagian pertama kata pertama dan kata akhir yang utuh (Psycurious, Wednesdance), serta blend yang terbentuk dari bagian pertama pada kedua kata (Ecofest, Crenation). Dua jenis yang tidak ditemukan dalam data adalah blend yang dibentuk oleh bagian akhir dari kedua kata dan blend yang memiliki kesamaan suara dari dua kata yang dikombinasikan.
Blending, a merger of two or more words where at least one of it has been shortened is used to write advertisements since the construction of the new words are unique and attractive. Based on Hosseinzadeh, there are seven types of blend built upon the separation (clipping) of the combined words. In accordance to that, fifty data are collected from the names of events held in Yogyakarta from the year 2014 until 2017. The data are analyzed to determine the type of blend by reconstructing the blends and quantifying each type which results in finding out that overlapping is the most frequently used type of blend. Out of seven types of how new blends are constructed, there are only five types are implemented in the data found. The five types are overlapping (Guitarun, Marketaste), the blends created by using the first bit of the first word and the last bit of the second one (Fooshion, Broadmosphere), blends which keep the whole part of the first word and the last part of the second word (Lenspired, Earthernity), blends which keep some parts of the first word and the whole of the second one (Psycurious, Wednesdance), and the blends constructed by the first parts of two words (Ecofest, Crenation). The other two types which are not found in the data are the blends which are constructed by the last parts of two words and the blends that have multiple sounds from two blended words.
Kata Kunci : Blending, Pembentukan Kata, Morfologi, Iklan / Blending, Word Formation, Morphology, Advertisement.