Laporkan Masalah

KARAKTER VIDEO GAME SENGOKU BASARA DALAM FAKTA SEJARAH PERIODE SENGOKU (1477-1600) : KAJIAN SEMIOLOGI ROLAND BARTHES

DEWI WULANSARI, Robi Wibowo, S.S., M.A.

2017 | Skripsi | S1 SASTRA JEPANG

Sengoku Basara merupakan video game asal Jepang. Video game ini mengambil periode Sengoku sebagai latar waktu dan tokoh sejarah periode Sengoku sebagai karakter video game. Penelitian ini akan mengkaji bentuk aplikasi fakta sejarah periode Sengoku dalam video game dan dasar penentuan karakter video game. Dalam penelitian ini juga akan dikaji mengenai mitos yang terdapat dalam video game menggunakan teori semiologi Roland Barthes. Berdasarkan teori Barthes, makna denotasi karakter video game adalah tokoh sejarah dalam fakta sejarah, sedangkan makna konotasinya adalah deskripi karakter video game menurut pembuat game. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa periode Sengoku dalam video game dibagi menjadi tujuh bagian. Dasar penentuan karakter video game adalah adanya karakter pusat yaitu kanpaku dan sengoku daimyo. Mitos yang ditemukan dalam video game adalah golongan militer selalu memimpin golongan sosial lainnya dan menguasai suatu wilayah sebagai perwujudan dari kekuatan serta kekuasaan yang lebih besar dibandingkan golongan sosial lainnya pada periode Sengoku.

Sengoku Basara is a Japanese stylish hero action game. This video game sets in Sengoku period and adapts Sengoku historical figures to be its video game characters. This research attempts to indentify the adaption of Sengoku period historical facts in the video game and the basis to determine the video game characters. Using the Roland Barthes theory of semiology, this research also look for the myth used in the video game. Based on Brathes theory, in the video game characters, the denotation is the historical figures in the historical facts, while connotation is the description of the video game characters by game maker. The result of this research shows that Sengoku period in video game is divided into seven parts. Then, the basis of determining the video game characters is the existence of central characters from kanpaku and sengoku daimyou. Myth found in the video game is that the military always leads other social groups and has control of a particular area. It is an embodiment of their strength and power which shows their great position from other social groups during the Sengoku period.

Kata Kunci : Sengoku Basara, periode Sengoku, denotasi, konotasi, mitos

  1. S1-2017-346338-abstract.pdf  
  2. S1-2017-346338-bibliography.pdf  
  3. S1-2017-346338-tableofcontent.pdf  
  4. S1-2017-346338-title.pdf