FORMULASI ENTRY STRATEGY PT. TELEKOMUNIKASI INDONESIA, TBK PADA INDUSTRI TELEKOMUNIKASI ARAB SAUDI
IRVAN ANDIRIANTO PRABOWO, Wakhid Slamet Ciptono, Ph.D
2016 | Tesis | S2 ManajemenPenelitian ini didasari dari kenyataan bahwa Industri Telekomunikasi di Arab Saudi berkembang sangat pesat. Industrialisasi dari industri telekomunikasi Arab Saudi juga telah menjadi fokus pemerintah Arab Saudi untuk terus meningkatkan infrastruktur industri telekomunikasi. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mempelajari ekspansi bisnis PT. Telekomunikasi Indonesia International (PT. Telin). PT. Telin telah melakukan ekspansi bisnis ke negara tujuannya yaitu Arab Saudi. Salah satu alasan PT. Telin melakukan ekspansi ke Arab Saudi adalah karena negara tersebut memiliki jumlah pekerja Indonesia kedua terbesar setelah Malaysia. Sekitar 300.000 pekerja Indonesia bekerja di Arab Saudi. Data kualitatif berupa interview mendalam dengan PT. Telin serta penelitian dari berbagai referensi telah dilakukan untuk mendapatkan hasil analisa penelitian. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dalam memasuki pasar telekomunikasi Arab Saudi, PT. Telin juga menghadapi hambatan. Disamping itu, PT. Telin perlu meperkuat posisi bisnisnya dengan mempertimbangkan berbagai faktor dari negara Arab Saudi guna mendapatkan keuntungan bisnis dimasa yang akan datang.
The motivation for this research work was driven by the fact that the telecommunication industry in Saudi Arabia has grown rapidly. Industrialization of the telecommunication has become a focus for the government to improve the infrastructure of telecommunication industry. This research is purposed to study the business expansion of PT. Telekomunikasi Indonesia International (PT. Telin). PT. Telin has expanded their business to targeted country which is Saudi Arabia. One of the reason why PT. Telin has chosen Saudi Arabia because the country has been counted as the second largest number of Indonesian workers after Malaysia. Around 300.000 Indonesian work in Saudi Arabia. Qualitative data analysis of the in-depth interview with PT. Telin and literature research have been conducted in order to result analysis for this research work. The findings show that PT. Telin has faced some barriers before entering the market. The company also needs to strengthen its position considering the country’s factors, in order to gain more business profit in the future. Keywords: business expansion, telecommunication, Saudi Arabia.
Kata Kunci : telekomunikasi, ekspansi bisnis, Arab Saudi, business expansion, telecommunication, Saudi Arabia, entry strategy