PENGARUH PENGGUNAAN MODUL MMFE UNTUK MENINGKATKAN EFIKASI DIRI BAHASA INGGRIS SISWA SMP
ARFI NURUL HIDAYAH, Prof. Dr. Asmadi Alsa, S.U.
2017 | Tesis | S2 Psikologi ProfesiPerbedaan beban mata pelajaran serta masih terbatasnya pengetahuan berpengaruh terhadap ketidakyakinan siswa kelas VII SMP dalam menghadapi pelajaran Bahasa Inggris. Ketidakyakinan diri (efikasi diri) dapat mengakibatkan rendahnya usaha mencapai prestasi yang diharapkan. Penelitian ini bertujuan menguji pengaruh penggunaan modul mind map for English (MMFE) dalam meningkatkan efikasi diri bahasa Inggris siswa kelas VII SMP. Penelitian ini merupakan validasi modul melalui metode eksperimen kuasi dengan desain untreated control group design with dependent pretest and posttest samples. Subjek penelitian adalah 31 siswa kelas VII SMP. Pengumpulan data menggunakan Skala Efikasi Diri Bahasa Inggris, tes pemahaman sebagai cek manipulasi, dan modul MMFE. Uji statistik Aikens V digunakan untuk menguji koefisien validitas isi modul, sedangkan uji mixed anova untuk menguji secara empirik pengaruh modul MMFE terhadap efikasi diri bahasa Inggris. Hasil penelitian menunjukkan modul MMFE valid secara isi dan empirik untuk meningkatkan efikasi diri bahasa Inggris siswa kelas VII SMP (F=5,433, p<0,05).
The differences of subject load and limited ability of students in learning english give uncertainty to student of class VII in studying it. Uncertainty themselves (self-efficacy) could decrease the willingness of the students to gain expected achievement. This study aims to examine the effect of using Mind mapping Module for English (MMFE) in improving student's English self-efficacy on class VII. This research is a module validation through the method of quasi experimental design with untreated control group design with pretest and posttest dependent samples. The subjects were 31 students of class VII. Collecting data using english self-efficacy scale, comprehension test as manipulation checks, and MMFE module. Aikens V statistic test was used to test the validity coefficient contents of module, while the mixed anova test was used to test the effect of MMFE module towards english self-efficacy. The result showed MMFE module valid by content and empiric to improving english self-efficacy of class VII students (F=5,433, p<0,05)
Kata Kunci : Siswa SMP, mind map, efikasi diri Bahasa Inggris