Validasi Program Remaja STOP (Sadar, Tolong, dan Perangi) Bullying Untuk Mengurangi Intensi Perilaku Bulling pada Siswa SMP
DENI TRI ANGGRAENI, Prof. Dr. Amitya Kumara, M.S., Psikolog; Dr. Muhana Sofiati Utami, M.S., Psikolog
2017 | Tesis | S2 Psikologi ProfesiKasus bullying di Indonesia banyak terjadi di kalangan pelajar sekolah menengah. Beberapa literatur menyebutkan bahwa perilaku bullying yang terjadi di sekolah mendapat dukungan dari teman sebaya yang lain. Penelitian ini bertujuan untuk memvalidasi pogram Remaja STOP (Sadar, Tolong, dan Perangi) Bullying dalam mencegah dan mengurangi intensi perilaku bullying siswa melalui fasilitator sebaya. Subjek penelitian yang menjadi fasilitator sebaya yaitu 19 siswa SMP yang tidak terlibat bentuk bullying, mempunyai keberanian untuk membela dan mendukung korban, mampu berkomunikasi, percaya diri. Sementara subjek yang memperoleh presentasi bullying adalah 32 siswa SMP yang memiliki intensi perilaku bullying kategori sedang berdasarkan Skala Intensi Perilaku Bullying. Sebelum penelitian dilakukan terlebih dahulu menguji validitas terkait isi program yang tercantum dalam sebuah modul. Penelitian ini menggunakan Untreated Control Group Design with Pre-test and double Post-test sebagai desain eksperimen. Data yang diperoleh dianalisis dengan Anava Mixed Design menunjukkan hasil bahwa program Remaja STOP (Sadar, Tolong, dan Perangi) Bullying valid meningkatkan pengetahuan antibullying dan ketrampilan presentasi pada fasilitator sebaya. Selain itu, program ini valid untuk mengurangi intensi perilaku bullying pada siswa SMP.
Bullying cases in Indonesia happens among middle school students. Some literatures mention that bullying behavior in school is supported by peers. This study aims to validate the program Remaja STOP (Sadar, Tolong, dan Perangi) Bullying to prevent and reduce the bullying intention students through peers. Peer facilitators is 19 students who never involve bullying behavor, brave to defend and support the victims, have a good communication skills and self confidence. While the subject of this research is 32 students that getting middle score on Intention Bullying Behavior Scale. Validation test is used before conducted the research. This study used untreated control group design with pretest and double postest as design experiment. The collected data was analyzed with anava mixed design showed that Remaja STOP (Sadar, Tolong, dan Perangi) Bullying program is valid to improve a peer fasilitators antibullying knowledge and presentation skill. Also, this program is valid to decrease the intention of bullying among middle school students.
Kata Kunci : bullying, teman sebaya, remaja, program Remaja STOP (Sadar, Tolong, dan Perangi) Bullying, bullying, peers, adolescent, Remaja STOP (Sadar, Tolong, dan Perangi) Bullying Program