Laporkan Masalah

KOMPETENSI MANAJER PERAWAT DALAM UPAYA MENINGKATKAN KUALITAS PELAYANAN KEPERAWATAN DI RSUD DEMANG SEPULAU RAYA KABUPATEN LAMPUNG TENGAH

SOPYAN, Dr. dr. Mubasysyir Hasanbasri, MA; Christantie Effendy BN, M.Kes, Ph.D

2017 | Tesis | S2 Ilmu Kesehatan Masyarakat

Latar Belakang : Di rumah sakit, pelayanan keperawatan dapat diberikan dengan baik jika perawat dapat bekerja optimal. Untuk itu, manajer perawat mempunyai peranan penting dalam melaksanakan funsi-fungsi manajemen keperawatan. Para manajer perawat harus memiliki kompetensi, pengetahuan maupun keterampilan untuk mengelola perawat profesional secara efektif. Kompetensi manajer perawat memiliki pengaruh signifikan terhadap kinerja bawahannya. Kualitas pelayanan keperawatan yang meningkat menjadi indikasi utama dari tingginya kompetensi manajer perawat dalam melaksanakan manajemen keperawatan. Tujuan : Untuk menjelaskan kompetensi manajer perawat dalam meningkatkan pelayanan keperawatan di RSUD Demang Sepulau Raya Kabupaten Lampung Tengah. Metode :Penelitianinidilakukandengan metode kualitatif dengan pendekatan eksplanatoridi RSUD Demang Sepulau Raya dari bulan Juli-Agustus 2016. Data kualitatif diperolehdenganteknikwawancara mendalam semi-terstruktur, subyek penelitian yaitu manajer perawat atau kepala ruangan Ruang Penyakit Menular, Ruang Paru, Ruang Anak, Ruang Bedah, Ruang Edelweis, Ruang Kebidanan, dan Ruang ICU serta satu perawat di setiap masing-masing ruangan. Hasil : 1. masing-masing manajer perawat mampu memimpin dengan cara berkomunikasi dan memfasilitasi kebutuhan stafnya, mendelegasikan tugas dan tanggung jawab, menyeleksi pegawai yang tepat serta menciptakan budaya kerja yang kondusif; 2. Manajer perawat mampu mengambil keputusan dalam rangka memberikan pelayanan keperawatan berorientasi keselamatan pasien; 3. Manajer perawat mampu mengembangkan perawat dengan cara membentuk tim kerja, membentuk hubungan yang profesional, memberikan umpan balik yang positif, memberikan peluang staf untuk selalu mengikuti seminar ilmiah dan pelatihan dan memberikan penghargaan yang baik. Kesimpulan : Manajer perawat di RSUD Demang Sepulau Raya Kabupaten Lampung Tengah secara umum telah memiliki kompetensi dalam meningkatkan kualitas pelayanan keperawatan.

Background: In hospitals, nursing care can be given properly if the nurse can work optimally. Therefore, the nurses manager has an important role in implementing nursing management functions. The nurse manager must have the competence, knowledge, and skill to manage the professionalism of nurses effectively. Competence of nusrs manager has a significant influence on the performance of subordinates. The qualty of nursing care that is increased becoming a major indication of the high competence of the nurse manager in performing nursing management. Objective: To describe the nurse manager's competence in improving nursing care in RSUD Demang Sepulau Raya District Central Lampung. Methods: This research was conducted using a qualitative method with a explanatory approach in RSUD Demang Sepulau Raya District in July-August 2016. The qualitative data was obtained by using a semi-structured in-depth interviews, research subjects are a nurse manager of chief of infectious Diseases ward, Pulmonary ward, Pediatric ward, Surgery ward, Edelweis ward, Obstetrics, and ICU and one nurse in each ward. Results: 1. each nurse manager capable of leading by communicating and facilitating the needs of his/her staff, delegate tasks and responsibilities, selecting the right employees and creating a conducive work culture; 2. The nurse manager can make decisions to provide nursing services; 3. Managers can develop the nurse nurse by forming a team work, formed a professional relationship, give positive feedback, giving staff the opportunity to closely follow the scientific seminar and training and giving a reward for the good. Conclusion: The manager of nurses in RSUDDemangSepulauRayaDistrict Central Lampung regency, in general, has competence in improving the quality of nursing services.

Kata Kunci : Kompetensi, manajer perawat, kualitas pelayanan, keperawatan

  1. S2-2017-371549-abstract.pdf  
  2. S2-2017-371549-bibliography.pdf  
  3. S2-2017-371549-tableofcontent.pdf  
  4. S2-2017-371549-title.pdf