Laporkan Masalah

PERAN EFIKASI DIRI AKADEMIK, DUKUNGAN SOSIAL DOSEN PEMBIMBING, DAN JENIS KELAMIN SEBAGAI PREDIKTOR PROKRASTINASI AKADEMIK PADA PENYUSUNAN SKRIPSI MAHASISWA

AGESTI SEPTI ARINDA, Prof. Dr. Thomas Dicky Hastjarjo

2017 | Tesis | S2 Psikologi

Penelitian ini bertujuan untuk menguji peran Efikasi Diri Akademik, Dukungan Sosial Dosen Pembimbing, dan Jenis Kelamin dalam memprediksi Prokrastinasi Akademik pada penyusunan skripsi mahasiswa. Subjek penelitian berjumlah 109 mahasiswa yang berasal dari Prodi Pendidikan Kewarnegaraan UMM. Data dikumpulkan dengan menggunakan tiga skala yaitu skala Prokrastinasi Akademik, skala Efikasi Diri Akademik, dan skala Dukungan Sosial Dosen Pembimbing. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan metode analisis regresi berganda dengan variabel dummy. Hasil penelitian menunjukkan bahwa efikasi diri akademik, dukungan sosial dosen pembimbing, dan jenis kelamin secara bersama-sama dapat memprediksi prokrastinasi akademik (Fregresi = 49,968 dengan p<0,01). Berdasarkan analisis regresi berganda dengan variabel dummy diperoleh bahwa ketiga variabel prediktor secara bersama-sama memberikan kontribusi pada variabel kriterium sebesar 58,8%. Namun demikian, uji hipotesis parsial menunjukkan bahwa jenis kelamin (p = -0,120 > 0,05) tidak berperan secara signifikan terhadap prokrastinasi akademik. Faktor-faktor lainnya, yaitu efikasi diri akademik (p = -0,796 < 0,01) dan dukungan sosial dosen pembimbing berperan terhadap prokrastinasi akademik (p = -0,327 < 0,05). Efikasi diri akademik memberikan sumbangan efektif terhadap prokrastinasi akademik sebesar 43,1%, sedangkan dukungan sosial dosen pembimbing sebesar 13,9%.

This study aimed to examine the role of academic self-efficacy, lecturers social support, and gender in predicting academic procrastination of theses writing. The subjects included 79 students of Nationalities Education Program in UMM. This study collected data by using academic procrastination, academic self-efficacy, and lecturers social supportscales. This study used multiple regression analysis with dummy variables in data analyzing phase. The results showed that academic self-efficacy, lecturers social support, and gender together can predict academic procrastination (Fregression= 30.611, p<0.01). Based on the multiple regression analysis with dummy variables, the three predictor variables jointly contribute 55,0% to the criterion variable. However, partial hypothesis test showed that gender (p = -0.618 >0.05) did not contribute significantly to the academic procrastination. Other factors, namely the academic self-efficacy on academic procrastination (p = -4.941<0.01), lecturers social supporton academic procrastination (p = -3.640<0.01).Effectively, academic self-efficacy contributed 32,1% towards academic procrastination, while 22,1% from lecturers social support.

Kata Kunci : Efikasi diri akademik, dukungan sosial dosen pembimbing, jenis kelamin, prokrastinasi akademik