Laporkan Masalah

Motivasi Akademik dan Partisipasi Kegiatan Ekstrakurikuler sebagai Prediktor Keterikatan Siswa pada Sekolah

NIDA MUTHI ANNISA, Prof. Dr. Tina Afiatin, M.Si., Psikolog

2017 | Tesis | S2 Psikologi

Keterikatan siswa pada sekolah merupakan salah satu aspek penting karena dianggap dapat menjadi kunci mengatasi beberapa permasalahan dalam dunia pendidikan. Berdasarkan beberapa penelitian sebelumnya memperlihatkan adanya penurunan keterikatan siswa pada sekolah. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah motivasi akademik dan partisipasi kegaitan ekstrakurikuler dapat memprediksi keterikatan siswa pada sekolah. Subjek penelitian ini adalah 200 siswa di salah satu SMKN di Yogyakarta. Pegumpulan data dalam penelitian ini menggunakan tiga jenis skala yaitu Skala Keterikatan Siswa pada Sekolah, Skala Motivasi Akademik dan Skala Partisipasi Kegiatan Ekstrakurikuler. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah regresi linier berganda dengan bantuan program SPSS. Hasil penelitian menunjukan bahwa motivasi akademik dan partisipasi kegiatan ekstrakurikuler secara bersama-sama dapat memprediksi keterikatan siswa pada sekolah (F=66,001; p=0,001). Berdasarkan analisis regresi diperoleh bahwa kedua variabel prediktor dapat menjelaskan variasi dari variabel keterikatan siswa sebesar 40,1%. Motivasi akademik dapat menjelaskan variasi keterikatan siswa sebesar 12,7%, sedangkan partisipasi kegiatan ekstrakurikuler dapat menjelaskan variasi keterikatan siswa sebesar 27,4%.

Student engagement in school is one of the significant aspects as it is believed to be one of the keys to dealing with a number of issues in education. A number of previous studies demonstrate a decrease of student engagement in school. The aim of this study is to discover whether academic motivation and participation in extracurricular activities can predict student engagement in school. The subjects of this present research were 200 students from SMK Z in Yogyakarta. The data were obtained by using three kinds of scale, namely Student Engagement Scale, Academic Motivation Scale, and Participation in Extracurricular Activities Scale. Technique used in analyzing the data was double linear regression with support of SPSS software. The findings show that both academic motivation and participation in extracurricular activities can predict student engagement in school (F=66,001; p=0,001). Regression analysis shows that both predictor variables can explain variation of criterion variable by as much as 40,1%. Academic motivation can explain student engagement by as much as 12,7%, while participation in extracurricular can explain student engagement by as much as 27,4%.

Kata Kunci : keterikatan siswa pada sekolah, motivasi akademik, partisipasi kegiatan ekstrakurikuler

  1. S2-2017-371172-abstract.pdf  
  2. S2-2017-371172-bibliography.pdf  
  3. S2-2017-371172-tableofcontent.pdf  
  4. S2-2017-371172-title.pdf