Partisipasi Kegiatan Ekstrakurikuler dan Efikasi Diri Akademik sebagai Prediktor Keterikatan Siswa pada Sekolah
INTAN PUSPITASARI, Prof. Dr. Tina Afiatin, M.Si., Psikolog
2017 | Tesis | S2 PsikologiKeterikatan pada sekolah merupakan elemen penting dalam diri siswa agar dapat mengikuti rangkaian kegiatan di sekolah baik dari segi perilaku, kognitif dan afeksi. Tujuan utama dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh partisipasi kegiatan ekstrakurikuler dan efikasi diri akademik terhadap keterikatan siswa pada sekolah. Pengumpulan data melibatkan 210 siswa SMKN C yang mengikuti kegiatan esktrakurikuler dan terdiri dari kelas X,XI, dan XII. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan menggunakan skala Keterikatan Siswa, skala Partisipasi Kegiatan Ekstrakurikuler dan skala Efikasi Diri Akademik. Hasil dari analisis regresi menunjukkan bahwa partisipasi kegiatan ekstrakurikuler dan efikasi diri akademik memiliki pengaruh signifikan terhadap keterikatan siswa pada sekolah. Nilai Koefisien determinasi R Square dari analisis tersebut sebesar 0.308 dan F= 46.025, yang berarti partisipasi kegiatan ekstrakurikuler dan efikasi diri akademik dapat menjelaskan variasi variabel keterikatan siswa pada sekolah sebesar 30.8%.
Student engagement is an important element in students so they can get involved in school activity by behavioral, cognitive and affective. The primary aim of this study is to understand the influence of participation in extracurricular activity and academic self-efficacy toward student engagement. Data retrieved from 210 students of SMKN C who participate in extracurricular activity and consists of grade X, XI and XII. Researcher used student engagement scale, participation in extracurricular activity scale and academic self-efficacy scale to collect the data. Results from analyses of regression show that participation in extracurricular activity and academic self efficacy have significant influence toward student engagement (R square = 0.308, F=46.025). Extracurricular activity and academic self-efficacy share 30.8% of the variability in student engagement. This leaves 69.2% of the variability still to be accounted for by other variables.
Kata Kunci : keterikatan siswa pada sekolah, partisipasi kegiatan ekstrakurikuler, efikasi diri akademik