Laporkan Masalah

PENGARUH PENDIDIKAN ETIKA TERHADAP MANAJEMEN LABA: REST'S FOUR COMPONENT DAN JONES'S MORAL INTENSITY MODEL

KHIKMATUN NAFIAH, Zuni Barokah, S.E., M.Comm., Ph.D., CA.

2017 | Skripsi | S1 AKUNTANSI

Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi pengaruh pendidikan etika terhadap moral intensity, moral sensitivity, moral judgement, dan moral intention terkait adanya permasalahan etika berupa manajemen laba. Metode penyampelan yang digunakan pada penelitian ini adalah quota sampling dengan 131 responden yang belum mengambil mata kuliah Etika Bisnis dan 49 responden yang sudah mengambil mata kuliah Etika Bisnis. Data dianalisis dengan menggunakan independent sample t-test. Hasil penelitian menunjukkan bahwa mahasiswa yang sudah mengambil mata kuliah Etika Bisnis memiliki moral sensitivity dan moral judgement yang lebih tinggi dibandingkan dengan yang belum. Hasil penelitian ini juga menunjukkan perbedaan moral intention dalam melakukan pelaporan kecurangan. Mahasiswa yang sudah mengambil mata kuliah Etika Bisnis memiliki kecenderungan yang lebih tinggi akan melaporkan adanya kecurangan apabila dijamin pekerjaannya dan apabila mendapatkan penawaran penghargaan tunai. Selain itu, penelitian ini juga menunjukkan bahwa mahasiswa yang sudah dan belum mengambil mata kuliah Etika Bisnis tidak memiliki perbedaan yang signifikan pada moral intensity.

This research is aimed to identify the impact of ethics education to moral intensity, moral sensitivity, moral judgement, and moral intention of ethical problems like earnings management. The sampling method that used in this research is quota sampling which consists of 131 students who have not taken business ethics course yet and 49 students who have taken business ethics course. The analysis data used independent sample t-test. The result of this research indicates that students who have taken business ethics course have higher moral sensitivity and moral judgement than students who have not taken the course yet. This research also indicates differences of moral intention to reporting fraud. The students who have taken business ethics course have higher preferences to report fraud if they are guaranteed their job and if they are offered a cash reward. Furthermore, this research also indicates that students who have taken and who have not taken yet have not significant differences in moral intensity.

Kata Kunci : pendidikan etika, manajemen laba, moral intensity, moral sensitivity, moral judgement, moral intention