Grit dan Kesuksesan Akademik pada Mahasiswa Laki-laki dan Perempuan Fakultas Psikologi UGM
TSABITAH, Dr. Avin Fadilla Helmi, M.Si.
2017 | Skripsi | S1 PSIKOLOGIIn the ever increasing competition for work, every individual is trying hard to prove oneself to be the most capable person to fulfill the requirements for the job. One of the most common requirement for a job vacancy is GPA as an indicator of academic success. The research objective is to see whether grit has any connection with academic success for students of Faculty of Psychology UGM as one psychological trait that recently is famous for the impact to many aspects of a person's life. In addition, this study also aimed to see whether academic success is affected by sex. This research conducted with quantitative method and data analysis Pearson's Product Moment was used as a tool for predicting the correlation between grit and academic success, also Independent sample t-test was used to see significant sex differences in academic success. The results showed that there are no correlation between the grit and academic success which can be seen from the significant value of 0,822 (> 0,05) and the correlation coefficient r 0,018. However, there are significant differences in academic success based on sex which can be seen from the t value which is greater than t table with a significance of 0,000 (<0,01).
Dalam persaingan kerja yang semakin ketat, setiap individu berlomba-lomba untuk menunjukkan bahwa dirinya yang paling mampu dalam memenuhi persyaratan pekerjaan yang dibutuhkan. Salah satu persyaratan yang tercantum dalam persyaratan kerja adalah IPK sebagai indikator kesuksesan akademis seseorang. Penelitian ini bertujuan untuk melihat apakah grit memiliki hubungan dengan kesuksesan akademis mahasiswa Fakultas Psikologi UGM sebagai salah satu trait psikologis yang akhir-akhir ini naik daun sebagai trait yang dapat memengaruhi banyak aspek dalam kehidupan manusia. Di samping itu, penelitian ini juga bertujuan untuk melihat apakah kesuksesan akademik dapat berbeda berdasarkan jenis kelamin. Penelitian dilakukan dengan metode kuantitatif dan analisis data menggunakan Pearson product-moment correlation untuk melihat korelasi grit dan kesuksesan akademik serta Independent sample t-test untuk melihat perbedaan jenis kelamin pada kesuksesan akademik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tidak ada hubungan antara grit dan kesuksesan akademik yang dapat dilihat dari nilai signifikansi 0,822 (>0,05) dan koefisien korelasi r sebesar 0,018. Akan tetapi, terdapat perbedaan kesuksesan akademik yang signifikan berdasarkan jenis kelamin yang dapat dilihat dari nilai t hitung yang lebih besar dari t tabel dengan signifikansi 0,000 (<0,01).
Kata Kunci : kesuksesan akademik, grit, jenis kelamin, mahasiswa