Laporkan Masalah

Analisis Manajemen dan Biaya Kualitas (Studi Kasus PT Hyundai Indonesia Motor)

ADRIANTO PRIYO SEMBODO, Prof. Dr. R.A. Supriyono, S.U. Ak. CA

2016 | Skripsi | S1 AKUNTANSI

Penelitian ini bertujuan untuk menilai penerapan manajemen kualitas total serta mengevaluasi penyusunan laporan biaya kualitas pada PT Hyundai Indonesia Motor (HIM). Penilaian manajemen kualitas total dilakukan dengan melihat ketercapaian keberhasilan penerapan manajemen kualitas total dan menghubungkannya dengan target serta tujuan yang telah disusun oleh perusahaan, sedangkan evaluasi penyusunan laporan biaya kualitas dilakukan dengan mengidentifikasi klasifikasi biaya kualitas yang disusun oleh PT Hyundai Indonesia Motor serta melihat dampak penyusunan tersebut terhadap perusahaan dengan membandingkannya dengan penjualan aktual selama kurun waktu 2011 � 2015. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa perusahaan sudah mampu menerapkan aspek-aspek manajemen kualitas total secara baik. Hal ini didukung ketercapaian program yang baik selama 2011 � 2015. Namun program peningkatan dan pengendalian kualitas ini belum memberikan dampak positif terhadap angka penjualan yang mengalami penurunan cukup signifikan. Penyusunan laporan biaya kualitas di PT Hyundai Indonesia Motor belum dilakukan secara tepat. Akibatnya perusahaan tidak mampu menilai secara tepat kontribusi biaya terhadap pengendalian dan peningkatan kualitas produk yang dapat berdampak langsung pada penjualan aktual perusahaan.

This research has an objective to assess the practical of Total Quality Management (TQM) and evaluate the preparation of cost of quality report in PT Hyundai Indonesia Motor (HIM). The assessment of Total Quality management was done by looking at the achievement of the program�s success, meanwhile the evaluation of cost of quality report was done by identify the classification of cost of quality compiled by the company and measure the impact of the preparation of the report for the company by compared with actual sales during 2011 � 2015. The result of this research showed that PT Hyundai Indonesia Motor has been successfully to apply the principle of Total Quality Management. It is supported by the good achievement of the program created by the company during 2011 � 2015. However, the program of quality control and improvement has not had a positive impact to the amount of actual sales that declined significantly in the last 5 years. The preparation of cost of quality report have not been carried out correctly by the company, consequently the company is not able to accurately assess the contribution of cost towards product quality control and improvement which can have an impact to company actual sales.

Kata Kunci : Manajemen kualitas total, biaya kualitas, biaya pencegahan, biaya penilaian, biaya kegagalan internal, biaya kegagalan eksternal, penjualan aktual