KOMODITAS UNGGULAN YANG DAPAT DIKEMBANGKAN DALAM PEMBANGUNAN EKONOMI DI KABUPATEN PURBALINGGA
WIKARA DYAH WIDAYAKA, Wahyu Widayat, Dr.,M.Ec.
2016 | Skripsi | S1 ILMU EKONOMIINTISARI Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi komoditas unggulan yang dapat dikembangkan di Kabupaten Purbalingga 2010-2014 dalam upaya meningkatkan pertumbuhan dan pembangunan ekonomi. Penelitian ini menggunakan data sekunder dengan variabel PDRB atas dasar harga konstan 2010 pada periode 2010-2014, data produksi komoditas pertanian di Kabupaten Purbalingga dan Jawa Tengah tahun 2010-2014, serta data harga produsen tiap komoditas sektor pertanian di Kabupaten Purbalingga dan Jawa Tengah tahun 2010 sebagai tahun dasar. Alat analisis penelitian berupa Location Quetiont, analisis Shift-Share, Model Rasio Pertumbuhan, Metode Overlay, dan Tipologi Klassen. Terdapat tiga subsektor yang dianalisis dengan mengambil beberapa komoditas yaitu subsektor holtikultura, perkebunan, dan peternakan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa komoditas yang menjadi unggulan di Kabupaten Purbalingga adalah buah duku dari subsektor holtikultura.
ABSTRACT This study aims at identifying the main commodity which can be developed in Purbalingga 2010-2014 as an effort to increase economic growth and development. This study uses secondary data with variable GDP at 2010 constant 2010 in the period 2010-2014, production data of agricultural commodities in Purbalingga and Central Java in 2010-2014, and the data of producer price for each agricultural sector commodity in Purbalingga and Central Java in 2010 as the base year. The tools of the research analysis are Location Quetiont, analysis Shift-Share, Growth Ratio Model, Overlay Method, and Klassen Typology. There are three sub-sectors which are analyzed by taking some of the commodities. They are horticultural subsector, plantations and livestock. The results showed that the commodity which is featured in Purbalingga is duku from horticultural subsector.
Kata Kunci : komoditas unggulan, location quetiont, shift-share, model rasio pertumbuhan, overlay, tipologi klassen/ main commodity, location quetiont, shift-share, growth ratio model, overlay, Klassen typology