Laporkan Masalah

Pengaruh Persepsi Organisasi Pembelajar dan Perbedaan Generasi Kohort terhadap Kesiapan untuk Berubah pada Pegawai PT Perusahaan Perdagangan Indonesia

ANDI REZA FAHLEVI, Djamaludin Ancok, Prof., Ph.D.

2017 | Tesis | S2 MANAJEMEN (MM) JAKARTA

Perubahan organisasi merupakan bentuk dari adaptasi agar organisasi mampu bertahan dan terus berkembang. Salah satu implementasi strategi perusahaan untuk menghadapi perubahan adalah dengan menjadi organisasi pembelajar. PT Perusahaan Perdagangan Indonesia (PT PPI) adalah salah satu Badan Usaha Milik Negara (BUMN) yang juga sedang menerapkan strategi porganisasi pembelajar dengan mendirikan PPI Academy. PPI Academy yang dibangun oleh PT PPI diklasifikasikan berdasarkan generasi oleh jajaran Direksi. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh persepsi organisasi pembelajar dan perbedaan generasi kohort terhadap kesiapan untuk berubah pegawai PT PPI. Hipotesis dalam penelitian ini adalah (1) Ada pengaruh persepsi organisasi pembelajar terhadap kesiapan untuk berubah pada pegawai PT PPI dan (2) Ada pengaruh perbedaan generasi kohort terhadap kesiapan untuk berubah pada pegawai PT PPI. Responden dalam penelitian ini berjumlah 148 pegawai kantor pusat PT PPI yang berstatus PKWT ataupun tetap. Peneliti menggunakan alat ukur persepsi organisasi pembelajar yang diadaptasi dari The Dimensions of Learning Organization Questionnaire (Watkins & Marsick, 2003) dan kesiapan untuk berubah yang diadaptasi dari alat ukur Readines to Change (Holt et al., 2007). Hasil pengujian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh yang positif dan signifikan dari persepsi organisasi pembelajar terhadap kesiapan untuk berubah pada pegawai PT PPI (r = 0,175; p = 0,001). Akan tetapi generasi kohort tidak terbukti secara signifikan berpengaruh terhadap kesiapan untuk berubah pada pegawai PT PPI (F = 0,386; p = 0,680).

Organizational change is an adaptive behavior from an organization to survive and continue to grow. One of the strategy implementation on the company to face the change is becoming a learning organization. PT Perusahaan Perdagangan Indonesia (PT PPI) is one of State Owner Enterprise (SOE) that implementing strategy to become learning organization by establishing PPI Academy. PPI Academy built by PT PPI classified by age based on Board of Directors. This research aimed to analyze the effect of learning organization that is moderated by differences in the cohort generation toward readiness to change at PT PPI employees. The hypothesis of this study were (1) There is an effect on the learning organization towards readiness to change on PT PPI employees and (2) There is an effect on the cohort generation proved towards readiness to change on PT PPI employees. Respondents in this research were 148 PT PPI head office employees which have PKWT or permanent status. Researcher adapt the measuring instrument of The Dimensions of Learning Organzation Questionnaire (Watkins & Marsick, 2003) and Readiness to Change questionnaire (Holt et al., 2007). The results show that there are significant and positive influence of learning organization on readiness to change on PT PPI employees (r = 0.175; p = 0.001). But, cohort generation aren’t significant influence to readiness to change on PT PPI employees (F = 0,386; p = 0,680).

Kata Kunci : persepsi organisasi pembelajar, generasi kohort, kesiapan untuk berubah