Laporkan Masalah

PEMBUATAN IKLAN LAYANAN MASYARAKAT "JAGA JOGJA"

NUR JANNAH, Yusron Fuadi, S.Sn., M.Sn

2016 | Tugas Akhir | D3 ILMU KOMPUTER DAN SISTEM INFORMASI SV

Yogyakarta merupakan salah satu daerah yang memiliki tingkat pertumbuhan dari segi pengguna jalan yang dari tahun ke tahun mengalami kenaikan. Sebab hal tersebut, kepadatan di jalan raya semakin sering terjadi karena jumlah kendaraan yang tidak sebanding dengan panjang jalan yang tersedia. Pada penelitian ini, penulis merasakan perubahan yang terjadi di Yogyakarta dikarenakan kondisi jalan yang semakin padat membuat sikap dan sifat pengguna jalan menjadi lebih arogan. Aturan lalu lintaspun menjadi sesuatu yang hanya menjadi aturan tanpa ditaati. Iklan layanan masyarakat ini dibuat dengan waktu rata-rata 30 sampai 40 detik dan konsep cerita yang diangkat berasal dari sesuatu yang biasa dilihat disekitar kita. Dengan adanya iklan layanan masyarakat ini diharapkan mampu menyampaikan pesan dengan cara yang lebih menarik sehingga dapat mengubah perilaku setiap orang yang melihatnya.

The increasing number of road user becomes one of the growing factors in Yogyakarta. Due to this condition, traffic jam becomes inevitable since the road available cannot accommodate the number of vehicles. The arrogance of road users due to the crowded street becomes the main concern of the researcher in this study. Signs and regulations when driving become a meaningless guideline without the consent for the users to obey. Public service announcement is made for approximately 30 until 40 seconds and the concept for the story can be brought up from an observation of current situation surrounding the society. Delivering messages in an attractive way is the purpose of displaying public service announcement with the ultimate wish to shift the perspective of those who happen to see it.

Kata Kunci : Yogyakarta, kepadatan, iklan layanan masyarakat.