Proses Belajar Sosial mengenai Internet bagi Warga Kampung Cyber RT 36 RW 09 Kelurahan Patehan, Kecamatan Kraton, Yogyakarta
SACHNAZ DALIYANA, Dr. Silverius Djuni Prihatin, M.Si
2016 | Skripsi | S1 ILMU PEMBANGUNAN SOSIAL DAN KESEJAHTERAAN (SOSIATRI)Jumlah pengguna Internet di Indonesia dari tahun ke tahunnya semakin meningkat. Melihat realitas yang ada, pengguna internet di Indonesia terdiri dari berbagai golongan umur, yaitu anak-anak, remaja, dan orang tua. Pengguna internet di Indonesia pun tersebar di berbagai kepulauan Indonesia, termasuk kota Yogyakarta. Yogyakarta sendiri memiliki sebuah kampung yang warganya sadar akan internet. Kampung tersebut ialah Kampung Cyber RT 36 RW 09 Kelurahan Patehan, Kecamatan Kraton, Yogyakarta. Kesadaran warga akan internet selain berasal dari kemauan mereka, juga didukung dengan adanya pelatihan internet yang diadakan oleh Kelompok Penggagas Kampung Cyber. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif kualitatif, dimana pendekatan tersebut digunakan untuk menggali informasi seluas-luasnya dalam menjelaskan suatu fenomena yang ada di masyarakat.Metode ini juga berguna untuk mengetahui tentang proses belajar sosial mengenai internet bagi warga Kampung Cyber RT 36 RW 09. Penelitian ini menggunakan teori belajar sosial, dimana teori tersebut lebih menekankan pada proses belajar yang dialami oleh seorang individu melalui proses mengamati lingkungan sekitar dan terdapatnya beberapa faktor yang mempengaruhi individu tersebut dalam melakukan proses pembelajarannya. Hasil dari penelitian ini ditemukan bahwa proses belajar sosial mengenai internet yang dialami warga Kampung Cyber RT 36 RW 09 melalui proses belajar observational learning yang melalui 4 fase yaitu fase memperhatikan dengan adanya pelatihan khusus internet, fase menyimpan informasi ditandai dengan warga mengikuti kegiatan pelatihan khusus internet, fase meniru ditandai dengan warga sudah menggunakan internet di kehidupan sehari-harinya, serta fase motivasi ditandai dengan adanya motivasi dalam diri warga untuk menggunakan internet. Selain itu proses belajar sosial yang dialami warga Kampung Cyber RT 36 RW 09 juga disebabkan oleh adanya 3 unsur yaitu faktor orang (Person/P) dengan adanya motivasi dalam diri warga, faktor lingkungan (Environtment/E) dengan adanya pengaruh keluarga dan sekolah, serta faktor perilaku (Behavior/B) dengan melihat ketertarikan warga dalam penggunaan internet. Ketiga faktor ini disebut Determinisme Resiprokal. Proses belajar sosial mengenai internet yang telah di alami oleh warga Kampung Cyber RT 36 RW 09 merupakan salah satu akses dalam pemenuhan kapasitas di era masyarakat modern. Pada penelitian selanjutnya, diharapkan dapat mengevaluasi Kampung Cyber RT 36 RW 09 terhadap capaian dari proses belajar sosial mengenai internet yang mereka alami.
The number of internet users in Indonesia is growing by each years. In reality, there are aged-classified group of users in Indonesia, which are children, teenagers, and adults. Indonesia's internet users spread across nationwide, include special region of Yogyakarta. In Yogyakarta, there is a village which conduct an internet community. This village named is cyber village community at RT 36 RW 09 at village patehan, Sub-District Kraton, City of Yogyakarta. This community awareness upon internet is originate from their own willingness and supports from internet training which conducted by cyber village pioneers. The methods of this research use qualitative methods with descriptive approach. Meanwhile,this research conduct to obtain some information correctly in attempt to defines a community phenomenon. Moreover, The research objective is to found about the internet's social learning process by Cyber Village Community at RT 36 RW 09. This research use social learning theory, that theory emphasize the learning process while act by the observer through environment experience process and there are some factors influence the observer during conduct the learning process. The research results in the internet's social learning process which experienced by Cyber Village Community at RT 36 W 09 through four (4) phase of Observational Learning, First, observational step which showed by internet's special training. Second, storing information step which showed by community participations on internet's special training. Third, imitation step which showed by self-motivation on the community to use internet by themselves. Furthermore, the social learning process which experienced by Cyber Village Community RT 36 RW 09 contains three (3) main factors, which are personal factor (Person/P), Social Environment (Environment/E), Behavioral Factor (Behavioral/B). These three (3) factors called Reciprocity Determination. The internet's social learning process which experienced by cyber village community RT 36 RW 09 is one of fulfillment access to the modern society. Hopefully, for further researcher will evaluate the Cyber Village Community at RT 36 RW 09 towards internet's social learning process achievedments.
Kata Kunci : Pengguna Internet, Teori belajar sosial, Proses Belajar Sosial, Warga Kampung Cyber.