Laporkan Masalah

Analisis hubungan antara biaya promosi dan penjualan pada PT. Coca-Cola Bottling Indonesia Northern Sumatera

PURBA, Bernardo Frans, Dr.Ir. Slamet Hartono, SU.,MSc

2003 | Tesis | Magister Manajemen Agribisnis

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan promosi terhadap penjualan pada PT. Coca-Cola Bottling Indonesia Northern Sumatera serta untuk mengetahui bentuk promosi (periklanan, promosi penjualan dan Publisitas) yang paling berpengaruh terhadap penjualan. Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data runtut waktu untuk promosi dari tahun 1996 –2001 dan untuk penjualan dari tahun 1997–2002 dan dianalisis dengan metode distribusi lag dengan model regresi linier berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Bentuk promosi yang paling signifikan untuk meningkatkan penjualan Coca-Cola dan Sprite adalah iklan, dan bentuk promosi yang paling berpengaruh untuk meningkatkan penjualan Fanta adalah promosi penjualan sedangkan secara individu bentuk promosi (periklanan, promosi penjualan dan publisitas) tidak memberikan pengaruh yang nyata untuk meningkatkan penjualan Diet Coke dan Fanta. Analisis terhadap fluktuasi penjualan menunjukkan bahwa Kegiatan periklanan berfungsi untuk menstabilkan penjualan Coca-Cola,Sprite dan Hi-C sedangkan untuk produk Diet Coke dan Fanta berfungsi untuk mencegah fluktuasi penjualan. Kegiatan promosi penjualan berfungsi mecegah fluktuasi penurunan penjualan Diet Coke, Sprite, Fanta dan Hi-C sedangkan kegiatan publisitas berfungsi untuk menstabilkan penjualan minuman Coca-Cola dan Sprite dan berfungsi untuk mencegah fluktuasi penurunan penjualan Diet Coke, Fanta dan teh Hi-C

This research has purpose to find out correlation promotion expense on sales at PT. Coca-Cola Bottling Indonesia Northern Sumatera and to find out the form of promotion (advertisement, sales promotion, and publicity), which is most influence toward sales. The data, which was used in this research, are time harmonious data for promotion from 1996 to 2001 and for sale from 1997 to 2002 and it was analysed with lag distribution method by multiple linier regresion. The result of this research showed that the most significant of promotion form to increase sales of Coca-Cola and Sprite is advertisement, and the most influence of promotion form to increase sales Fanta is sales promotion while individually, the form of promotion (advertisement, sales promotion and publicity) don’t give the real influence to increase sales of Diet of Coke and Fanta. The analysis on sales fluctuation showed that advertisement activities has function to stabilize the sales of Coca-Cola, Sprite, and Hi-C while for product of Diet Coke and Fanta function to prevent sales fluctuation. Sale promotion activities have function to prevent the fluctuation of sales decrease for product Diet Coke, Sprite, Fanta, and Hi-C while publicity activities have function to stabilize sales of Coca-Cola and Sprite and it also have function to prevent the fluctuation of sales decrease of Diet Coke, Fanta and Hi-C.

Kata Kunci : Magister Agribisnis,Biaya Promosi dan Penjualan,PT Coca Cola, analysis, promotion, sales


    Tidak tersedia file untuk ditampilkan ke publik.