Laporkan Masalah

EFEKTIVITAS MEDIA PEMBELAJARAN AUDIOVISUAL (VIDEO) TERHADAP PENGETAHUAN SISWA PUTRI TENTANG SADARI DI SMK YPKK 2 SLEMAN

CLARA DATU, Yani Widyastuti, M.Keb;Surjani, SSiT., M.P.H

2017 | Tugas Akhir | D4 BIDAN PENDIDIK SV

Kanker payudara merupakan kanker nomor dua terbanyak menyerang wanita di Indonesia 0,5 per 1000. Salah satu cara mendeteksi dini kanker payudara yaitu dengan cara SADARI. Kebanyakan wanita tidak melakukan pemeriksaan SADARI karena kurangnya pengetahuan tentang SADARI. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh media pembelajaran audiovisual (video) dan booklet terhadap pengetahuan siswa putri tentang SADARI. Desain penelitian menggunakan quasi eksperimen pretest-posttest with control grup design. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa SMK YPKK 2 Sleman dan SMK YPKK 3 Sleman. Pengambilan sampel menggunakan multistage random sampling dengan jumlah sampel 40 responden. Analisa data menggunakan uji T-tes. Variebel yang digunakan yaitu variabel independent (media video dan booklet) dan variabel dependent (tingkat pengetahuan tentang SADARI). Penelitian dilakukan pada Oktober 2016 di SMK YPKK 2 Sleman dan SMK YPKK 3 Sleman. Hasil penelitian menunjukan nilai rata-rata pengetahuan media video mengalami peningkatan dengan nilai pretest 62,307±11,161, postest 90,576±5,707 dan selisih posttest-pretest 28,269±12,055. Sedangkan pada media booklet nilai pretest 67,020±10,002, posttest 86,05±6,784 dan selisih posttest-pretest 19,038±11,552. Selisih rata-rata peningkatan pengetahuan antara media video dan media booklet 9,231 (P-value =0,001). Media pembelajaran audiovisual (video) lebih efektif dari pada media pembelajaran booklet dalam meningkatkan pengetahuan deteksi dini kanker payudara dengan SADARI pada siswa putri di Sekolah Menengah Kejuruan. Kata Kunci : Audiovisual, Booklet, Pengetahuan SADARI, Quasi Eksperimen

Breast cancer is the second highest number of cancer which attacks women in indonesia 0.5 per 1000. One way early detect breast cancer that is by means of BSE (Breast Self Exam). Most women do not conducting the examination of BSE because the lack of knowledge about BSE. This research aims to know the influence of media learning audiovisual (video) and booklet for knowledge of female student about BSE. Design the research uses a quasi pretest-posttest experiment with control group design. The population research is all students of YPKK 2 Sleman vocational school and YPKK 3 Sleman vocational school. The sample using a multistage random sample of sampling of 40 respondents. Analysis of data using t-test test. Variebel used the variable independent (media video and booklets) and variable dependent (awareness levels of BSE) . The Research held on october 2016 in YPKK 2 Sleman vocational high school and YPKK 3 Sleman vocational high school. The results showed the knowledge average value of media video increased with the value of pretest 62,307±11,161, postest 90,576±5,707 and the difference of posttest-pretest 28,269±12,055. While the media of booklet have value of pretest 62,307±11,161, postest 90,576±5,707 and the difference of posttest-pretest 19,038±11,552. The difference value of knowledge mean among media video and media booklet is booklet 9,231 (P-value =0,001). Media learning audiovisual (video) is more effective than media learning booklet to improving the knowledge of early detection of breast cancer with BSE on a female student in Vocational High School. Key Words : Audiovisual, Booklet, Knowledge of BSE, Quasi Eksperimen

Kata Kunci : Audiovisual, Booklet, Knowledge of BSE, Quasi Eksperimen