Laporkan Masalah

Produksi Bahasa pada Pelajar Sekolah Menengah Kejuruan Hubungannya dengan Latar Belakang Sosial dan Psikologi Pelajar

MARGARETTA C, Prof. Dr. Soepomo Poedjoesoedarmo

2016 | Tesis | S2 Ilmu Linguistik

Bahasa merupakan sebuah alat komunikasi untuk menyampaikan pendapat, ide atau pemikiran kepada lawan tutur. Produksi bahasa dalam diri seseorang terdapat dalam sistem kognisi. Sistem kognisi tersebut akan berproses dari sistem kognisi seseorang semenjak berusia 0 tahun. Sistem kognisi seseorang juga berproses seiring jalannya perkembangan psikologis dan latar belakang yang mengikutinya, dimana latar belakang dan psikologisnya memiliki andil penuh dalam kualitas produksi bahasanya ataukah tidak ada hubungannya dengan keadaan psikologis dan latar belakang dari seseorang tersebut dapat dan pelajari. Dalam proses seseorang memperoleh bahasa pertamanya dengan sistem kognisi yang berkembang semenjak seseorang 0 tahun dan ketika seseorang mendapat bahasa kedua maka sistem kognisi tersebut akan berpengaruh dalam latar belakang dan psikologis seseorang. Oleh sebab itu, hal ini menjadi dasar penelitian ini ingin dikaji lebih lanjut dengan tujuan : 1. Mengetahui produksi bahasa pelajar sekolah menengah kejuruan dalam mata pelajaran bahasa inggris 2. Mengetahui kemampuan pelajar dengan membandingkan mata pelajaran lainnya, dan 3. Mengetahui latar belakang pelajar dan pengaruhnya dalam perkembangan sistem kognisi bahasa pelajar. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif dengan penekanan pada wawancara untuk pelajar bahasa. Metode penyajian data yang digunakan adalah metode simak dengan teknik catat. Data yang didapat dari hasil wawancara kemudian dianalisis berdasarkan teori yang berkaitan dengan tujuan. Hasil analisis disajikan dengan menggunakan metode informal. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa produksi bahasa pelajar berdasarkan tiga hasil yakni Pertama, Hasil belajar bahasa Inggris dengan menggunakan 3 metode dasar 1. Metode Pembelajaran Aktif, 2. Metode Audio Visual, 3. Metode Simulasi dan menganalisis dengan berdasar 3 kelompok pembelajar yakni 1. Kelompok Pasif (Pasisive Grade), 2. Kelompok Rata -Rata (Average Grade), 3. Kelompok Aktif (Active Grade).Kedua, Latar Belakang Pembelajar Bahasa diperoleh dengan menggunakan angket 25 pertanyaan dan menganalisis jawaban pembelajar berdasar kelompok pembelajar. Ketiga, Hasil Produksi Bahasa Inggris menganalisis keempat aspek yakni menulis dengan menganslisis produksi tulisan pembelajar, membaca dengan menganalisis hasil membaca pembelajar, berbicara dan mendengarkan dengan menganalisis jawaban yang dihasilkan pembelajar.

Language is a communication tool for conveying opinion, idea or thought to opponents. Language production in somebody mind is in cognition system. Cognition system will be proceed from cognition system since 0 years old. Somebody cognition system will be proceed by psychologist and social background that followed in it, where social background and psychologist is the important thing in quality for language production or cannot be related to psychologist condition and background social from somebody can get and learned. In somebody process to get the first language with the cognition system that grow since 0 years old and when somebody get the second language so, that cognition system will be influenced in background and psychologist somebody. Moreover, this thing will be the reason of the research to dig up more with the purposes : 1. Know the language production of student vocational high school in English major, 2. Know students ability with compare another major, 3. Know the students background and the influencement in developing cognition system of language students This research using descriptive qualitative research with stressing in interview for student language. This methode served by using reading method with noted technical. The data that got by from interview then analysed by theory that related with the purpose. This analysis result is served by using infromal method. The result of the research showed that language students production based on 3 results there are First, English Study Result using 3 basic methods 1. Active Study Methods, 2. Audio Visual Methods, 3. Simulasion Methods and analysing using 3 student garde there are 1. Passive Grade, 2. Average Grade, 3. Active Grade. Second, Students Language Background got from using 25 questions and analysing students answer based on students grade. Third, Language Production Result analyze forth aspects there are writing by analysing writing students production, reading by analsying students result reading, speaking and listening by analysing students answer.

Kata Kunci : Kata kunci : Produksi Bahasa, Pembelajar bahasa, Latar belakang sosial pembelajar, dan psikologi pembelajar. Keywords : Language production, language learner, social background of language learner, and language learner psychology.

  1. S2-2016-370878-abstract.pdf  
  2. S2-2016-370878-bibliography.pdf  
  3. S2-2016-370878-tableofcontent.pdf  
  4. S2-2016-370878-title.pdf