EVALUASI KUALITAS BILLING SYSTEM DI RUMAH SAKIT PKU MUHAMMADIYAH YOGYAKARTA
TUTIK WAHYUNINGSIH, Prof. dra Sri hartati, MSc, Ph.D; dr Lutfan Lazuardi, M. Kes, Ph.D
2016 | Tesis | S2 Ilmu Kesehatan MasyarakatLatar belakang:Rumah Sakit PKU Muhammadiyah Yogyakarta adalah rumah sakit yang menerapkan teknologi informasi dalam pelayanan kepada pasien sejak tahun 2007, kendala yang dihadapi, sistem informasi billing yang terintegrasi tidak mendukung pelayanan pasien menjadi cepat. Proses transaksi elektronik di rumah sakit terhambat, seperti entry dan pengambilan data dari sistem akibatnya pelayanan pasien dan kepuasan pasien menjadi menurun. Tujuan Penelitian: mengukur kualitas billing system di Rumah Sakit PKU Muhammadiyah Yogyakarta dengan mengukur pengaruh 6 variabel yaitu kualitas sistem, kualitas informasi, kualitas layanan, intensi penggunaan, kepuasan pengguna dan keuntungan bersih. Metode penelitian: Jenis penelitian ini deskriptif kuantitatif dengan rancangan penelitian cross sectional. Jumlah sampel 73 operator billing namun ada 2 kuesioner yang tidak termasuk kedalam kriteria inklusi, sehingga hanya 71 data kuesioner yang dapat diolah. Analisis data kuantitatif menggunakan aplikasi smartPLS yang dilakukan dengan mencari nilai inner model dan outer model. Hasil Penelitian: Berdasar hasil pengujian hipotesis pada inner model dalam path-analysis beberapa konstruk yang tidak berpengaruh yaitu kualitas sistem terhadap penggunaan, kualitas sistem terhadap kepuasan pengguna, kualitas informasi terhadap kepuasan pengguna, kepuasan pengguna terhadap penggunaan serta sebaliknya. Sedangkan untuk konstruk kualitas informasi terhadap penggunaan, kualitas layanan terhadap penggunaan, kualitas layanan terhadap kepuasan pengguna, penggunaan terhadap net benefit dan kepuasan pengguna terhadap net benefit secara signifikan berpengaruh. Kesimpulan: Penelitian ini membuktikan bahwa tidak semua hipotesis yang diajukan terbukti secara empiris. Beberapa hipotesis yang tidak berpengaruh antara lain kualitas sistem terhadap penggunaan, kualitas sistem terhadap kepuasan pengguna, kualitas informasi terhadap kepuasan pengguna, kepuasan pengguna terhadap penggunaan serta sebaliknya dikarenakan sistem informasi yang digunakan bersifat mandatory sehingga operator billing tidak mempunyai alasan untuk tidak menggunakan sistem tersebut karena sistem tersebut digunakan sebagai alat untuk mencapai tujuan organisasi.. Kata kunci: Kualitas Informasi, Kualitas Pelayanan, Intensitas Penggunaan, Kepuasan Pengguna, Kentungan Bersih.
PKU Muhammadiyah Hospital is a hospital that has applied information technology in patient care since 2007. Some obstacles are encountered for instance, the integrated billing information system still does not support patient service as it is. The process electronic transactions in hospital were very slow and patient satisfaction was decreased. Purpose: the purpose of the reserch is assessing the quality of the billing system in the PKU Muhmmadiyah Yogyakarta hospital to measure influeces 6 variables as quality system, information quality, service quality, intension of use, use satisfaction and net benefits Methods: This study was descriptive quantitative with cross sectional study design. The sample size is 73 operator billing, but there are two questionnaires not included in the inclusion criteria, in that only 71 questionnaire data that can be processed. Quantitative data analysis using smartPLS application is conducted by figuring out for value inner and outer models. Results: The result of hipothesys test on the inner path-analysis models in some construct that does not influence the quality of the system is to use, the quality of the system to the user satisfaction, the quality of information on user satisfaction, user satisfaction towards the use and vice versa. Meanwhile, there are some significants and influences to construct the quality of information on the use, quality of service to use, quality of service for user satisfaction, the use of the net benefits and user satisfaction of the net benefit. Conclusion: This study shows that not all the proposed hypothesis empirically proven. five of ten hypothesis show that there is no significant influence betweeen quality system and system usage and user satisfaction, the quality of information on user satisfaction, user satisfaction over the use and vice versa. Since the billing system at PKU Muhammadiyah Hospital Yogyakarta is a mandatory, so there is no reason for the operator billing not to apply that system that can cause the system quality, the information quality, and the usage and user satisfaction. Keywords: Information of Quality, System of Quality, Service of Quality, use, User Satisfaction, Net benefit
Kata Kunci : Kualitas Informasi, Kualitas Pelayanan, Intensitas Penggunaan, Kepuasan Pengguna, Kentungan Bersih.