Laporkan Masalah

Strategi pemasaran jamu pada PT. Sido Muncul Ungaran

WINAHYU, Rr. Wulansari, Dr.Ir. Dwidjono Hadi Darwanto, MS

2002 | Tesis | Magister Manajemen Agribisnis

Dampak h s i s ekonomi mempengaruhi harga obat-obatan terutama obat impor yang meningkat tajam, sehingga peran jamu menjadi amat penting dalam meningkatkan kesejahteraan masyarakat. Jamu berasal dari bahan alami yang menggunakan produk pertanian (hortikultura) tanpa c a n ~ p ibia han kimia yang juga digunakan oleh PT. Sido Muncul. Jenis produk yang dihasilkan ada 4 macam berupa jamu tradisional, jamu instan, suplemen makanan, dan kosmetik. Produk dipasarkan melalui jaringan distribusi dengan sistem multi distributor baik didalam maupun luar negeri. Sido Muncul juga memproduksi obat yang saluran distribusinya langsung ke apotik setempat. Penetapan harga jual produk bersaing dengan kompetitor dengan kebijaksanaan harga yang terus dievaluasi. Kekuatan PT. Sido Muncul adalah: SDM besar, inovasi terus menerus, pengawasan mutu ketat, promosi gencar, loyalitas pegawai, dan pertumbuhan penjualan. Kelemahannya adalah: organisasi masih labil, lokasi pabrik berpencar, ketergantungan bahan baku, SDM kurang terlatih, dan distibusi kurang rnerata. Yang menjadi peluang dari FT. Sido Muncul adalah pasar domestik dan ekspor, perilaku konsumedpergeseran sikap, perkembangan produk, loyalitas pelanggan, teknologi produksi, dan political will. Yang menjadi ancaman adalah: persaingan yang makin ketat, kepercayaan luar negeri, perizinan keluar sulit, dan sulit mendapat bahan baku yang standar. Strategi pemasaran yang dilakukan PT. Sido Muncul saat ini adalah: strategi pengembangan produk, dengan memperbaharui produk yang ada, diversifikasi produk, menciptakan produk ban, juga strategi harga, promosi, dan distribusi. Perusahaan berada pada kwadran I dengan wilayah kekuatan lebih besar daripada peluang, sehingga perusahaan harus bisa menggunakan kekuatan dengan memanfaatkan peluang. Kekuatan utama pada strategi promosi dan pengembangan produk. Strategi pemasaran yang perlu diterapkan saat ini adalah tetap meningkatkan promosi dan pengembangan pruduk yang dititik beratkan pada diversifikasi produk dengan penekanan pada produk lama yang masih kurang dikenal, dan penciptaan produk baru. Selain itu perbaikan R&D juga harus dilakukan. Dengan kata lain, strategi yang agresif untuk memperluas pasar (ekspansi pemasaran) dengan melakukan bauran pemasaran terutama

The economic crisis in Indonesia, had actually badly impact to the price of medicine, especially imported medicines which has increased sharply and unaffordable. So, the role of traditional herbs of medicine (prnu) become very important in increasing society welfare, especially poor society. Besides that, jumu is made of natural source using agriculture product especially horticulture without any chemical substance. There are four (4) kinds of product which are produced by PT Sido Muncul. These are traditional beverages, instant beverages, food supplement, and cosmetics. The products are distributed by distribution network with multi distribution system inside and outside the country. PT Sido Muncul also produce medicines which the distribution channel is direct to local pharmacy. The selling price is compete with competitor with contiruing evalution of price policy. The strenghts of PT Sido Muncul are large human resources, continuing inovation, tight quality control, incessant promotion, employees loyalty, and sales growth. The weakness are: unstable organization, lspersed factory location, basic comodity dependence, unskilled human resources, and unspread distribution. The opportunities of PT Sido Muncul are domestic market and export, costumer behaviour, developing of products, costumer's loyalty, product technology, and politicall will. The threats are: fighter competition, international trust, barrier of exit permission, and difficulties of getting standard basic comodity. Market strategy of PT Sido Muncul are: product developing strategy by renewing product, product diversification, and create new product. Also with price strategy, promotion, and dstribution. The company is in the first quadrant with strength sector larger than opportunity. The main strenghts are the promotion strategy and product developing. Market strategy that need to be applied now is increasing of promotion with findmg new ideas and product developing which is emphasized on product diversification with stressing on unknown old product and create new product. Besides that, also need R&D improvement and aggressive strategy for market expansion with market mixture especially developing of product and incessant promotion have to implemented together

Kata Kunci : Manajemen Agribisnis,Strategi Pemasaran,PT SIdo Muncul


    Tidak tersedia file untuk ditampilkan ke publik.