Laporkan Masalah

AKTUALISASI VOLUNTEER MUDA DALAM PENDIDIKAN KARAKTER ANAK BINAAN GUNA MEWUJUDKAN KETAHANAN PRIBADI ANAK (Studi Pada Komunitas Jendela Jogja di Dusun Turgo, Desa Purwobinangun, Kec. Pakem, Kab. Sleman, Yogyakarta)

PASKAH A PURBA, Dr. Bagus Riyono, MA; Dr. Septiana Dwiputri Maharani

2016 | Tesis | S2 Ketahanan Nasional

Penelitian ini membahas tentang aktualisasi volunteer Komunitas Jendela Jogja dalam pendidikan karakter guna mewujudkan ketahanan pribadi bagi anak-anak binaan komunitas. Pertanyaan yang berusaha dijawab dalam penelitian ini antara lain konsep pendidikan karakter komunitas, konsep aktualisasi relawan komunitas, serta kaitan program komunitas dalam penguatan ketahanan pribadi bagi anak binaan. Metode penelitian yang digunakan peneliti adalah penelitian lapangan dengan metode penyajian deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data menggunakan tiga pendekatan yakni wawancara mendalam, observasi dan kepustakaan serta penyajian dokumentasi. Teknik penentuan informan menggunakan proposive sampling, dengan tujuan mendapatkan data dari informan kunci. Hasil penelitian yang telah dicapai: 1) model pendidikan karakter yang digaungkan oleh komunitas Jendela Jogja ialah kegiatan minat baca, kegiatan workshop, dan kegiatan ice breaking (games); 2) aktualisasi dari volunteer muda dalam kegiatan komunitas Jendela Jogja bagi anak-anak dapat dibedakan menjadi dua yakni sebagai bagian dari volunteer yang hanya mengeksekusi kegiatan atau ikut ambil bagian menjadi pengurus yang bertanggungjawab untuk pengembangkan komunitas Jendela Jogja; dan 3) program pendidikan karakter komunitas Jendela Jogja dapat mewujudkan tujuh kriteria ketahanan pribadi bagi anak-anak binaan di antaranya insight, kemandirian, hubungan, inisiatif, kreativitas, humor dan moralitas.

This research discusses about actualization of young volunteer Jendela Jogja community in character education in order to realize personal resilience of community's pilot project. There was three problems to solve this research, for instance which was the concept of community's character education, concept of volunteer community's actualization, and the influence of community's programs to strengthening personal resilience of community's pilot project. This work used bye researcher was field research as a research method and descriptive qualitative as a reseacrh model. Data collection techniques used three techniques which were in-depth interview, observation, literature and documentation. The sampling technique used purposive sampling, so that researcher got the data from key informant. This research achieved three answers, consist of: 1) character education of Jendela Jogja's model had interested in reading, workshop and ice breaking/games; 2) the actualization of volunteers in Jendela Jogja activities for childrens could be differentiated into two, as part of the volunteers who just execute the programs or take part of responsibility to develop Jendela Jogja community; 3) Jendela Jogja community programs could achieve the seven criteria of personal resilience of community's pilot project include insight, independence, relationships, inisiative, creative, humor and morality.

Kata Kunci : Character Education, Volunteer, Community, Jendela Jogja.

  1. S2-2016-372097-abstract.pdf  
  2. S2-2016-372097-bibliography.pdf  
  3. S2-2016-372097-tableofcontent.pdf  
  4. S2-2016-372097-title.pdf