Laporkan Masalah

OPTIMASI KEUNTUNGAN JASA BUS PARIWISATA PADA PT XYZ

ADITYA PRIYO NUGROHO, Henry Yuliando, MM., M. Agr., Ph. D.

2016 | Tesis | S2 Manajemen

PT XYZ merupakan perusahaan penyedia jasa layanan bus pariwisata. Perusahaan ini menggunakan sistem manajemen tradisional di mana pengambilan keputusan seluruhnya merupakan pengambilan keputusan yang relatif kurang terukur. Kondisi ini menyebabkan perusahaan menerima permintaan tanpa mempertimbangkan efek keuntungan, sehingga dapat terjadi hilangnya potensi keuntungan perusahaan. Perusahaan menggunakan sistem revenue management dalam melakukan pemberian harga. Perbedaan harga disesuaikan dengan waktu dilakukannya pariwisata serta jumlah hari dilakukannya perjalanan. Semakin banyak jumlah hari perjalanan menyebabkan perusahaan mendapatkan keuntungan yang semakin besar. Penelitian ini merupakan studi kasus dengan model penelitian adalah kuantitatif. Tujuan dari penelitian adalah mendapatkan nilai optimal dari sistem yang berlaku pada perusahaan. Metode penelitian yang digunakan adalah linear programming dengan metode simpleks integer. Perhitungan dilakukan dengan menggunakan perangkat lunak Microsoft excel. Hasil yang didapatkan dari penelitian ini adalah nilai optimal permintaan terhadap permintaan dengan jumlah hari 1 - 3 hari dan permintaan dengan jumlah 1 - 5 hari. Hasil tersebut juga memberikan hasil berupa analisis sensitivitas yang digunakan untuk melihat batasan mana atau pertimbangan apa yang memberikan dampak signifikan terhadap keuntungan perusahaan sehingga perusahaan dapat melakukan investasi untuk mendapatkan hasil yang lebih besar.

PT XYZ is a company that provide bus for touring. This company still use traditional management perspective where decision is solely based on decision maker's experience without proper measurable decision variable. This condition has caused lost of potential profit because of indistinctive demand. Company is using revenue management on the price based on the number of days used for tour and the distance used in tour. Price is raised as the greater number of days on touring. This research is a case study with quantitative perspective. The purpose of this research is to get the optimal value from the current system within company. This research use linear programming method with integer simplex parameter. Calculation is done by using Microsoft Excel software. The result of this research is the optimal value based on the number of days grouping. The group consist of 1 - 3 days and 4 - 5 days. The result also give sensitivity analysis which can help analyze the critical constraint that can give most raise in the company revenue. With the analysis given by the sensitivity analysis, company can make a decision on which investment should the company take to raise the profit.

Kata Kunci : revenue management, linear programming, optimasi, simpleks, keuntungan, Studi kasus, kuantitatif

  1. S2-2016-343536-abstract.pdf  
  2. S2-2016-343536-bibliography.pdf  
  3. S2-2016-343536-tableofcontent.pdf  
  4. S2-2016-343536-title.pdf