Laporkan Masalah

MODEL TAMBAHAN PADA HDM-4 V.2.09 UNTUK PEMELIHARAAN PERKERASAN BETON POLOS DENGAN SAMBUNGAN

DIAN PRAHARSA, Ir. Latif Budi Suparma, M.Sc., Ph. D

2016 | Tesis | S2 Sistem dan Teknik Transportasi

Highway Development and Management (HDM-4) adalah sistem software yang dikembangkan oleh Bank Dunia. Alat ini mampu menyediakan sistem yang kuat untuk pengelolaan jalan; pemrograman pekerjaan jalan; memperkirakan kebutuhan dana dan memprediksi kinerja jaringan jalan. Dalam versi terbaru 2.09, HDM-4 memperkenalkan model tambahan baru untuk perkerasan beton yang menawarkan dukungan lebih terhadap pemodelan perkerasan beton pada setiap titik dalam siklus hidup mereka. Namun, keandalan dan ketepatan model baru ini belum terbukti belum dalam kondisi nyata. Tujuan proyek penelitian ini adalah untuk menunjukkan baik, terutama untuk Perkerasan Beton Polos dengan Sambungan (JPCP). Menggunakan data dari tiga ruas jalan yang dipilih (06-0201, 06-3013, 06-3042) di California, negara bagian dari Amerika (termasuk struktur jalan, tingkat kerusakan, sejarah pemeliharaan dan kondisi lalu lintas). Data dari database Kinerja Perkerasan Jangka Panjang (LTPP) akan dianalisis lebih jauh menggunakan HDM-4 v.2.09 dalam rentang waktu 20 tahun periode analisis. Output dari analisis HDM-4 v.2.09 , ��menunjukkan nilai IRI untuk tiga ruas jalan mendekati nilai IRI sebenarnya untuk dua ruas, yaitu: 06-0201 dan 06-3013 (nilai R-squared dari perbandingan grafik yang dekat dengan 1: 0.94 dan 0.85)

The Highway Development and Management (HDM-4) is a software system developed by World Bank. This tool provides a robust system for road management; programming road works; estimating funding requirements and predicting road network performance. In the newest version 2.09, HDM-4 introduces new incremental models for concrete pavement that offers better support the modelling of concrete pavements at any point within their life cycle. However, the reliability and accuracy of this new models have not been proved yet in the real condition. The purpose of this research project is to demonstrate both, especially for Jointed Plain Concrete Pavement (JPCP) with dowels. Using data from three selected road sections (06-0201, 06-3013, 06-3042) in California, The United Stated of America (including the road structure, deteriorations level, maintenance history and traffic condition). The data from Long-Term Pavement Performance (LTPP) database will be further analised using HDM-4 v.2.09 within 20-year analysis period. The output of the HDM-4 v.2.09 analysis, indicates the values of IRIfor three sections are approaching the actual IRI values for two sections: 06-0201 and 06-3013 (R-squared values from the comparison graphs are close to 1:0.94 and 0.85)

Kata Kunci : HDM-4, Deteriorations, JPCP, IRI Values

  1. S2-2016-374991-abstract.pdf  
  2. S2-2016-374991-bibliography.pdf  
  3. S2-2016-374991-tableofcontent.pdf  
  4. S2-2016-374991-title.pdf