Uji Reliabilitas dan Validitas Komponen Digit Span Test dalam Screening Gangguan Atensi Anak Usia Sekolah Dasar
WAHYU DWI HANTORO, Dr. dr. Cempaka Thursina Sri S., Sp.S(K).; dr. Pernodjo Dahlan, Sp.S(K)
2016 | Tesis-Spesialis | SP ILMU PENYAKIT SYARAFGangguan atensi merupakan masalah psikologis anak yang banyak terjadi saat ini, akan tetapi terdapat kesulitan tersendiri untuk menentukan seorang anak mengalami gangguan atensi. Gangguan atensi memberikan efek pada kehidupan seorang anak, sehingga dibutuhkan ketelitian dalam pengenalan gejala, pengamatan perilaku sehari-hari, serta penggunaan alat penilaian fungsi atensi anak. Pengenalan secara dini gangguan atensi pada anak berdampak pada penangan awal gangguan agar diperoleh prognosis yang lebih baik kedepannya. Dalam pengenalan gejala gangguan atensi anak dapat digunakan alat uji sederhana Backward Digit Span Test dan Stroop Test. Stroop Test sebagai pemeriksaan baku emas gangguan atensi anak sebelumnya belum pernah dibandingkan reliabilitas dan validitasnya dengan pemeriksaan Backward Digit Span Test yang lebih mudah dan sederhana. Rancangan penelitian ini adalah uji diagnostik dengan menggunakan desain cross-sectional dengan membandingkan reliabilitas dan validitas hasil pemeriksaan Backward Digit Span Test terhadap Stroop Test sebagai pemeriksaan baku emas sejumlah anak Sekolah Dasar (SD) di wilayah Yogyakarta. Reliabilitas pemeriksaan Backward Digit Span Test dilakukan dengan menilai koefisien Cronbachs Alpha dan Intraclass Correlation Coefficient (ICC)sedang validitas dihitung dinilai dengan menggunakan tabel uji diagnostik 2x2 untuk menilai sensitivitas dan spesifisitas, serta perhitungan Kappa terhadap pemeriksaan standar baku emas. Sembilan puluh empat subjek berperan dalam penelitian ini, nilai reliabilitas yang diindikasikan dengan koefisien Cronbachs Alpha adalah sebesar 0.921 dan nilai ICC sebesar 0,853 yang menunjukkan pemeriksan Backward Digit Span Test memiliki reliabilitas yang baik. Untuk validitas diperoleh nilai sensitivas dan spesifisitas sebesar masing-masing 50% untuk penilai pertama dan 31,25% dan 43 % untuk penilai kedua. Nilai Kappa sebesar 0,000 pada penilai pertama dan -0,026 pada penilai kedua. Nilai tersebut menunjukkan validitas yang rendah. Backward Digit Span Test memiliki reliabilitas baik dengan validitas yang rendah dalam menguji gangguan atensi anak usia SD dibandingkan pemeriksaan baku emas Stroop Test.
Now days attention deficit become a common children psychological problem, but unfortunately there is some difficulties to recognized children with these symptoms. Attention deficit will give a serious impact through their future life so give a serious attention about the symptoms, observe children behavior, and using any attention deficit examination tools precisely will make an earlier care that brings a better prognosis. A simple attention examination tools like Backward Digit Span Test and Stroop Test can help us to recognize the symptoms of attention deficit. The reliability and validity of Stroop Test as gold standard examination never been compared with another easier and more simple Backward Digit Span tools. This study was cross-sectional diagnostic experiment to compare the reliability and validity of Backward Digit Span Test with Stroop Test as gold standard examination in elementary school student near Yogyakarta area. The reliability examined using coefficient of Cronbachs Alpha and Intraclass Correlation Coefficient (ICC), while the validity measured by 2x2 diagnostic test table to get sensitivity and specificity value then continued by counting Kappa value from this test. Ninety four subjects joined this study, the reliability value indicated by coefficient of Cronbachs Alpha was 0.921 and the ICC value was 0,853. From the result indicating Backward Digit Span Test have a good reliability. The validity of this test taken from sensitivity and specificity for each examiner. For the first examiner the result was 50 % for each part, then for second examiner the sensitivity value was 31, 25% and the specificity was 43 %. Kappa value was 0,000 for first examiner and -0,026 for second examiner. The result indicating a low validity of Backward Digit Span Backward Digit Span Test had a good reliability but low validity to asses elementary school-aged children attention deficit.
Kata Kunci : Gangguan Atensi, Sekolah Dasar, Backward Digit Span Test, Attention Deficit, Elementary School, Backward Digit Span Test