Laporkan Masalah

MANAJEMEN WEBSITE PEMERINTAH(Studi Tentang Pengelolaan Website jatim.bkkbn.go.id oleh Perwakilan Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional)

TIRZA LAURA ITAAR, Dr. phil. Ana Nadhya Abrar, M.E.S.

2016 | Tesis | S2 Ilmu Komunikasi

Perwakilan Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) Provinsi Jawa Timur memiliki website dengan nama domain jatim.bkkbn.go.id. Pengelolaan website ini dilaksanakan berdasarkan Peraturan Kepala BKKBN (Pusat) Nomor 136/PER/D2/2011 tentang Pengelolaan Informasi Publik Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional yaitu untuk mewujudkan reformasi, penyelenggaraan pemerintahan yang lebih transparan, akuntabel, partisipatif, efektif, dan efisien. Dalam operasionalnya, website BKKBN Jawa Timur memiliki kekhasan tersendiri dibandingkan dengan website BKKBN lainnya di Indonesia. Selain desain website yang lebih menarik karena menggunakan animasi, website BKKBN Jawa Timur juga menerapkan unsur interaktif sebagai bentuk transparansi dan partisipatif dalam mewujudkan keterbukaan informasi Publik. Namun dari segi pengelolaan konten website BKKBN Jawa Timur masih perlu dibenahi, untuk itu penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tentang menajemen website BKKBN Jawa Timur sebagai website pemerintah. Analisis penelitian ini mengacu pada proses menajemen yang terdiri dari perencanaan, pengorganisasian, penggerakan dan pengendalian yang kemudian dikaitkan dengan konsep website Pemerintah. Metode penelitian yang digunakan yaitu kualitatif, sementara strategi penelitian yang digunakan adalah studi kasus dengan sumber data primer yang diperoleh melalui wawancara yang dilakukan kepada pengelola website BKKBN Jawa Timur dan didukung dengan bahan-bahan dokumentasi lainnya. Berdasarkan hasil penelitian, secara visual website BKKBN Jawa Timur pada dasarnya sudah cukup informatif dan interaktif ditambah dengan tampilan website yang cukup baik jika di bandingkan dengan website BKKBN lainnya, namun yang perlu dibenahi adalah pengelolaan konten yang belum dilakukan secara maksimal karena terhadang sejumlah kendala.

The National Population and Family Planning Board (BKKBN) Representative of East Java Province has a website with a domain name of jatim.bkkbn.go.id. The management of this website is implemented by Regulation of the Head of BKKBN (Center) No. 136/PER/D2/2011 on the Management of Public Information of the National Population and Family Planning Board to realize more transparent, accountable, participatory, effective, and efficient reform and governance. In the operation, BKKBN website of East Java has its own peculiarities compared to other BKKBN websites in Indonesia. In addition to the more attractive website design because it uses animation, BKKBN website of East Java also applies interactive elements as a form of transparency and participation in the realization of public information disclosure. In terms of content management, however, BKKBN website of East Java still needs to be improved, thus the purpose of this study is to determine the management of BKKBN website of East Java as the government’s website. The analysis of this study refers to the management process of planning, organizing, actuating and controlling which is then linked to the concept of government websites. The method used is qualitative, while the strategy used is a case study with a source of primary data obtained through interviews conducted by the manager of the BKKBN website of East Java and is supported by other documentation materials. Based on the results, visually BKKBN website of East Java is basically quite informative and interactive coupled with pretty good appearance when compared to other BKKBN websites, but what needs to be improved is the content management that has not performed optimally because it is obstructed a number of constraints.

Kata Kunci : Website, Manajemen Website,Konten,Informasi publik / Website, Website Management, Content, Public Information

  1. S2-2016-372738-abstract.pdf  
  2. S2-2016-372738-bibliography.pdf  
  3. S2-2016-372738-tableofcontent.pdf  
  4. S2-2016-372738-title.pdf