Laporkan Masalah

Pembentukan Identitas Diri pada Mahasiswa yang Mengikuti Unit Kegiatan Mahasiswa Marching Band Universitas Gadjah Mada (UKM MB UGM)

CHRIST DELLA, Dr. Wisjnu Martani, S.U.

2016 | Skripsi | S1 PSIKOLOGI

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk memahami proses pembentukan identitas diri pada mahasiswa yang mengikuti UKM MB UGM. Pengambilan data dilakukan dengan mewawancarai enam orang partisipan. Tiga orang partisipan sebagai responden penelitian dan tiga orang lainnya sebagai informan penelitian. Metode penelitian dalam penelitian ini adalah metode kualitatif dengan pendekatan fenomenologi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa setiap responden telah mencapai identitas diri melalui eksplorasi dan komitmen yang dikaitkan dengan 7 dimensi identitas diri. Pencapaian identitas diri responden yang mengikuti MB UGM didapatkan dari partisipasi masing-masing responden terhadap peran di MB UGM yang menghasilkan kemampuan bagi responden dan membantu responden mempersiapkan kehidupan di masa depan, selain itu adanya pengakuan, rasa percaya, serta penghargaan yang diberikan oleh MB UGM membuat responden dapat menyadari arti pengalaman hidupnya dan keberadaan dirinya. Terdapat 2 faktor yang turut mempengaruhi pembentukan identitas diri responden yang mengikuti MB UGM yaitu keluarga dan teman sebaya. Temuan khusus pada penelitian ini adalah keterlibatan responden dalam MB UGM melahirkan jiwa kepemimpinan pada masing-masing responden.

The aim of this research is to understand the self-identity formation on college students who joined Student Activity Unit of Marching Band Universitas Gadjah Mada. The research is conducted by interviewing six participants. The participants consist of three respondents and three informants. The research method in this study is a qualitative method. The researcher used phenomenological approach. The result showed that each respondents has achieved self-identity through the exploration and commitment related to the dimensions of identity. Identity achievement in student who joined MB UGM obtained from respondents’ role in MB UGM that give them competences and help them to prepare future life. In addition, recognition, self-confidence, and award given by MB UGM make respondents realize the meaning of their life experiences and their existence. Family and peers are influential factor toward self-identity of respondents. Special findings in this research is the involvement of respondents in MB UGM encourage the leadership on each respondent.

Kata Kunci : Kata kunci: identitas, identitas diri, remaja, mahasiswa, marching band / Keywords: identity, self-identity, adolescent, college students, marching band

  1. S1-2016-329358-abstract.pdf  
  2. S1-2016-329358-tableofcontent.pdf  
  3. S1-2016-329358-title.pdf