Laporkan Masalah

PENERAPAN KURIKULUM EKSPERIMENTAL DI KELAS 3 SD KANISIUS EKSPERIMENTAL MANGUNAN

SANTA CLARA M, Dr. Endang Soelistiyowati, M.Pd.

2016 | Tugas Akhir | D3 BAHASA INGGRIS SV

Kebijakan sekolah yang tepat perlu dimiliki setiap sekolah yang bertujuan untuk meningkatkan kualitas sekolah tersebut. Pada umumnya, setiap sekolah memiliki kebijakan yang berbeda tergantung dengan visi dan misi sekolah tersebut. Salah satu kebijakan tersebut adalah penerapan kurikulum yang berlaku. Kurikulum merupakan pokok-pokok penyampaian materi pembelajaran yang disusun secara sistematis dan terpadu sesuai dengan tingkatan pendidikannya. Dalam pelaksanaannya, kurikulum dipadukan dengan peraturan atas kesepakatan bersama dengan pihak sekolah untuk mencapai tujuan sesuai visi dan misi sekolah. SD Kanisius Eksperimental Mangunan merupakan salah satu sekolah yang memiliki kebijakan alternatif (eksperimental). Kebijakan tersebut mengenai penyusunan kurikulum yang berdampak pada pengembangan kemampuan belajar siswa. Dengan kebijakan tersebut, siswa akan lebih mudah dalam mengembangkan diri sesuai dengan bakat dan kemampuan yang dimiliki. Kelas tiga SD merupakan masa transisi dimana proses belajar pada tahap ini mulai memasuki babak baru dalam proses belajar yang membutuhkan konsentrasi lebih terutama dalam memahami dan meneliti objek pembelajaran. Penelitian ini dirancang untuk mengetahui penerapan kurikulum eksperimental yang mempengaruhi pemahaman belajar siswa terutama siswa kelas tiga di SD Kanisius Eksperimental Mangunan. Data-data dikumpulkan dari berbagai sumber guna mendukung keaslian penelitian dengan menggunakan dua metode pengumpulan data yaitu studi perpustakaan dan studi lapangan. Metode studi perpustakaan dilakukan dengan mencari informasi dari buku-buku, referensi, dan beberapa database guru terkait atas ijin guru. Kemudian, metode studi lapangan dilakukan dengan melakukan wawancara dengan sejumlah guru dan siswa di SD Kanisius Eksperimental Mangunan. Selain itu, penulis juga melakukan observasi langsung ke kelas dalam proses pembelajaran. Hasil dari penelitian ini membuktikan bahwa penerapan kurikulum memiliki peran yang besar dalam kemampuan pemahaman belajar siswa. Penerapan kurikulum eksperimental (alternatif) didasari oleh pendidikan humanis (eksploratif, kreatif, dan integral) dan disesuaikan dengan kurikulum nasional (KTSP) yang berlaku saat ini. Dalam penerapannya, guru memberikan materi akademik sesuai dengan KTSP dan tambahan pelajaran khas SD Kanisius Eksperimental Mangunan yang didukung pendidikan humanis anak. Metode pembelajaran yang digunakan guru meliputi metode active learning dan joyful learning saat proses pembelajaran di kelas tiga, sehingga siswa dapat menambah kreativitas dan kemauan belajar mandiri para siswa.

The accurate school policy needs of every schools that aims to improve the quality of the schools. In general, every schools have different school policy based on vision and mission of it. One of the schools’ policy is the application of curriculum has been applied. Curriculum is the principals the delivery of learning material arranged in a systematic and integrated accordance with the level of education. In the implementation, curriculum integrated with regulation based on agreement with the school side to achieve the goal in accordance school’s vision and mission. SD Kanisius Eksperimental Mangunan is one of school that has alternative school policy (experimental). The school policy is concerning of curriculum arrangement which have impact on developing of student comprehension. By using that school policy, students will easier to develop their self on their talent and skill. third grade is a transition term where is learning process on this level have been started entering new stage on learning process that need more concentration especially on understand and research learning object. This paper is designed to know the application of curriculum which has impact on student learning comprehension especially on third grade in SD Kanisius Eksperimental Mangunan. The data were gathered from several resources in order to support the authenticity of this research report by using two methods of collecting the data; library study and field study. First, method of library study is conducted by searching information from some book, references, and also teacher database on permission of the teacher. Second, method of field study is conducted by interviewing with several teacher and students there. In addition, the writer also uses direct observation in class during learning activities. The result of this research proves that the application of curriculum has big important role especially in students’ comprehension of learning. The application of experimental curriculum (alternative) based on humanist education (exploratory, creative, and integral) and also adapted to the national curriculum currently. In the application, teacher provide academic materials in accordance with KTSP and additional typical lessons of SD Kanisius Eksperimental Mangunan that is supporting humanist education of children. The learning method is used by teacher includes active learning method and joyful learning method while learning activities in third grade class, so the students can add their creativity and willingness to learn independently.

Kata Kunci : Kebijakan, Kurikulum, Pemahaman Belajar

  1. D3-2016-351677-abstract.pdf  
  2. D3-2016-351677-bibliography.pdf  
  3. D3-2016-351677-tableofcontent.pdf  
  4. D3-2016-351677-title.pdf