Analisis dan Evaluasi Kinerja Perusahaan dengan Menggunakan Metode Balanced Scorecard - Kasus pada PT Pundarika Atma Semesta
FREDDY WIJAYA, Ertambang Nahartyo, Dr., M.Sc., CMA., Ak., CA.,
2016 | Skripsi | AKUNTANSIKeadaan lingkungan bisnis di dunia saat ini begitu dinamis. Tentunya dalam menghadapi kondisi bisnis tersebut perusahaan menentukan strategi terbaik dalam mengelola usahanya untuk meraih peluang dan tujuan perusahaan. Salah satu aspek penting dalam penentuan strategi dan sistem kontrol perusahaan adalah pengukuran kinerja. Penelitian ini akan membahas penggunaan Balanced Scorecard sebagai salah satu instrumen pengukuran kinerja pada PT Pundarika Atma Semesta. Dalam penelitian ini, kinerja perusahaan PT Pundarika Atma Semesta akan diukur berdasarkan empat perspektif yang terdapat dalam sistem pengukuran kinerja Balanced Scorecard. Keempat perspektif tersebut terdiri atas perspektif keuangan, perspektif pelanggan, perspektif proses bisnis internal serta perspektif pertumbuhan dan pembelajaran. Penentuan indikator dalam keempat perspektif tersebut didasarkan pada strategi, visi dan misi perusahaan. Hasil penelitian ini memberikan gambaran deskriptif atas hasil analisis dan evaluasi kinerja pada PT Pundarika Atma Semesta melalui metode Balanced Scorecard serta pengembangan yang dapat dilakukan di kemudian hari.
Today's business environment is so dynamic. To face this condition, companies will determine the best strategy to seize opportunities and achieving their company's goals. One important aspect to determine a company's strategy and its control system is performance measurement. This study will discuss the use of Balanced Scorecard as a performance measurement instrument on PT Pundarika Atma Semesta. In this study, the performance of the company will be measured based on four perspectives included in the Balanced Scorecard performance measurement system. The four perspectives are: financial perspective, customer perspective, internal business processes and learning, and growth perspective. The determination of indicators in four perspectives are based on the company's strategy, vision, and mission. This study will provide a descriptive overview of analysis and evaluation regarding to the company's business performance through the Balanced Scorecard method, and improvements that can be applied in the future.
Kata Kunci : Balanced Scorecard, Pengukuran Kinerja, Non-financial performance measures