Laporkan Masalah

The Process of Ramayana Ballet Show Ticket Reservation, Its Occurring Problems, and The Possible Causes

NISA RIANA ROCHIM, Wahyu Kartika Wienanda, S.Pd., M.Pd.

2016 | Tugas Akhir | D3 BAHASA INGGRIS SV

Tugas Akhir ini bertujuan untuk mendiskripsikan proses reservasi tiket untuk Sendratari Ramayana dan kendala dalam operasional reservasi tiket di Sendratari Ramayana Prambanan beserta kemungkinan penyebab kendala itu terjadi. Untuk pengumpulan data, saya berkesempatan melaksanakan magang di Ramayana Ballet Prambanan yang berlangsung selama empat bulan dimulai pada tanggal 1 Februari 2016 dan berakhir pada 31 Mei 2016. Metode yang digunakan pada Tugas Akhir ini adalah pembelajaran lapangan, wawancara, dokumentasi, dan pembelajaran pustaka.Pembelajaran lapangan telah dilakukan dengan observasi dan praktek.Sedangkan metode wawancara telah dilaksanakan dengan mewawancarai pegawai dan tamu.Untuk pegawai, ada tiga narasumber; Jayeng Legowo dan Winda Tri Mustofa dari Divisi Operasional dan Nur Indrawati dari Divisi Aneka Usaha.Wawancara dengan tamu dilakukan kepada 20 orang secara spontan dan acak.Untuk metode dokumentasi telah dilakukan dengan pengambilan gambar di sekitar Unit Teater dan Pentas, dan pembelajaran pustaka dilakukan dengan membaca buku dan artikel baik berbentuk cetak maupun berbentuk website. Proses reservasi tiket di Ramayana Ballet Prambanan telah memiliki prosedur tersendiri. Penerimaan reservasi tiket masih menggunakan sistem manual dengan sistem buku sedangkan pengarsipan dilakukan dengan buku dan komputer. Proses reservasi tiket di Ramayana Ballet Prambanan ada enam tahap, yaitu pemilihan media reservasi oleh tamu, penerimaan permintaan reservasi, pemeriksaan ketersediaan tempat duduk, penulisan dan pemrosesan reservasi, pencocokan data reservasi, dan pengarsipan data. Dalam proses reservasi tiket ini terdapat tiga masalah utama yaitu; kurangnya informasi tentang Ramayana Ballet Prambanan, miskomunikasi antara staff dengan tamu, dan pemadaman listrik. Masalah yang terjadi disebabkan dari dua sumber yaitu dari pihak Ramayana Ballet Prambanan dan dari pihak tamu.dari pihak Ramayana Ballet Prambanan penyebab munculnya masalah adalah iklan yang kurang menarik, staff salah memberikan informasi dan perbaikan listrik dari pihak Ramayana Ballet Prambanan. Sedangkan dari pihak tamu, penyebabnya ada dua yaitu tamu enggan mencari informasi mengenai Ramayana Ballet Show dan tamu salah menerima informasi.

This Graduating Paper aims to describe the ticket reservation process for Ramayana Ballet Show and the occurring problems in it. It is also describe the possible causes from those problems. To collect the necessary data, I had an opportunity to have an internship in Ramayana Ballet Prambanan which was conducted from 1st February 2016 to 31st May 2016. I used four methods of data collection for this Graduating Paper namely field study, interview, documentation and library study. Field study was conducted through observation and practice. Meanwhile for interview, I had an interview with staffs and guests. There are three informants for the interview, namely Jayeng Legowo and Winda Tri Mustofa from Operational Division and Nur Indrawati from Miscellaneous Section. The interview with guests was held to 20 people and it was done spontaneously and randomly. For documentation, I took some pictures around Unit Teater dan Pentas. Then, in library study, I read books and articles in either print-out version or website form. Ramayana Ballet Prambanan has its own procedure for ticket reservation. This company still uses manual system which is book for ticket reservation and book-computer for archiving the data. The procedure of ticket reservation in Ramayana Ballet Prambanan consists of six steps; choosing media for reservation by guests, achieving reservation request, checking availability of seats, writing and processing the reservation, checking the reservation data and archiving the reservation. In this ticket reservation, there are three occurring problems namely limited knowledge about Ramayana Ballet Prambanan owned by guests, miscommunication between staffs and guests, and power outage. The causes for these problems are either from Ramayana Ballet Prambanan side or from guests’ side. From Ramayana Ballet Prambanan side the causes of the problems are the advertisement is not appealing, the staff fails to give complete information, and the restoration of electricity by Ramayana Ballet Prambanan. Meanwhile from the guests’ side, the causes of the problems are the guests do not want to look for information about Ramayana Ballet Show and the guests mistook the information from the staff.

Kata Kunci : Ramayana Ballet Prambanan, Ramayana Ballet Show, Reservation, Ticket

  1. D3-2016-351672-abstract.pdf  
  2. D3-2016-351672-bibliography.pdf  
  3. D3-2016-351672-tableofcontent.pdf  
  4. D3-2016-351672-title.pdf