The Role of Student Daily Book at Bianglala Kindergarten Yogyakarta
ASFARIZ NAUFAL W, Dr.Endang Soelistiyowati, M.Pd.
2016 | Tugas Akhir | D3 BAHASA INGGRIS SVBuku penghubung antara orang tua dan guru saat ini sudah banyak digunakan di sekolah sekolah sebagai media komunikasi antar orang tua dan guru. Saat ini banyak sekolah sekolah taman kanak kanak (TK) menggunakan media buku penghubung tersebut, guna memantau perkembangan anak di sekolah. Bianglala Kindergarten, playgroup, and daycare adalah salah satu sekolah dari banyak sekolah TK yang menggunakan buku penghubung tersebut, Bianglala Kindergarten, playgroup, and daycare ini terletak di Jl. Kopen Utama 14A Jl. Kaliurang Km 7,5 Sleman Yogyakarta. Tujuan tugas akhir ini adalah untuk meneliti dan mencari tahu peran buku harian siswa di TK bianglala untuk orang tua dan guru dan apa yang perlu ditingkatkan guna untuk memaksimalkan manfaat dari buku harian tersebut. Selain itu, profil Bianglala Kindergarten, playgroup, and daycare meliputi sejarah, visi dan misi serta tujuan kemudian beberapa fasilitas yang dimiliki akan di bahas. Kemudian metode pengumpulan data yang akan digunakan adalah dengan menjadi partisipan langsung melalui program magang yang dilaksanakan dari awal bulan Februari hingga akhir Mei tahun 2016 di Bianglala Kindergarten, playgroup, and daycare. Untuk studi pustaka, data diambil dari beberapa buku yang memiliki keterkaitan topik dengan pembahasan, dan untuk tambahan informasi diambil dari beberapa situs internet. Kemudian, untuk memperoleh data mengenai peran buku penghubung, diadakan sebuah observasi dengan membagikan kuesioner ke orang tua murid dan guru pengajar. Sebagai tambahan, beberapa orang tua dan guru di Bianglala Kindergarten, playgroup, and daycare akan diwawancarai agar data yang dibutuhkan mengenai Buku harian siswa di Bianglala Kindergarten, playgroup, and daycare dapat diperoleh secara akurat. Berdasarkan observasi tentang peran buku penghubung, hasil penelitian menyebutkan bahwa peran buku harian siswa adalah sebagai alat komunikasi antara orang tua dan guru, sarana untuk memonitor kegiatan anak per hari, dan sebagai panduan guru maupun orang tua untuk membimbing anak. Adapun hal-hal yang bisa diperbaiki guna meningkatkan fungsi dan peran buku harian siswa adalah dengan menambahkan kolom nomer telfon orang tua, menggunakan warna warna menarik saat penulisan buku, dan menambahkan kolom informasi agar mudah di baca.
Daily book between the parents and teachers has been widely used in the school as a communication media between the parents and teachers. Now many schools such as Kindergarten (TK) uses the daily book to monitor the development of the children. Bianglala kindergarten, Playgroup, and Day care is kindergartens which use the daily book. Bianglala kindergarten, Playgroup, and Day care is located on jl.Kopen Utama 14A jl. Kaliurang km 7.5 Sleman Yogyakarta. The purpose of this graduating paper is to observe and find out whether the students daily book in Bianglala has an important role for the parents and teachers and all the needs for improvement in maximizing the benefits of the daily book itself. In addition, the profile of Bianglala Kindergarten, Playgroup, and Day care covers its history, vision and mission and the purpose. Then several facilities that they have will also be discussed. The data collection methods used is becoming participants directly through internship program conducted from the beginning of February until the end of May ,2016, in the Bianglala Kindergarten, Playgroup, and Day care. For the literature study, the data taken from several books is related to the topics of the discussion, and additional information was also taken from internet sites. Then, to obtain data on the role of daily book, an observation was conducted by handing out questionnaires to the student’s parents and teachers. In addition, several parents and teachers in Bianglala Kindergarten, Playgroup, and Day care were interviewed to get the required data about the student’s daily book in Bianglala Kindergarten, Playgroup, and Day Care. Based from the observation on the role of student daily book, the results of observation shows that the role of the student daily book is a communication tool between parents and teachers, the medium to monitor the activities of the child on that day, and as a guide to teachers and parents in guiding the students. The improvement needed to enhance the function and role of the student diary are: adding the parents telephone numbers, using colored pen when teachers write the daily book to make it more attractive, and making the information easily read.
Kata Kunci : Role,Student Daily Book,Kindergarten,Buku Penghubung siswa