Laporkan Masalah

CITY BRANDING PROVINSI SUMATERA SELATAN (Studi Kasus City Branding Provinsi Sumatera Selatan dalam Membangun Brand Image)

ARASY AMRI, Pulung S. Perbawani, S.I.P., M.M.

2016 | Skripsi | S1 ILMU KOMUNIKASI

City branding bukanlah hal yang asing lagi di Indonesia. Telah banyak kota-kota besar di Indonesia yang melaksanakan aktivitas city branding guna meningkatkan image daerahnya di mata nasional dan internasional. Image baik suatu daerah atau kota diyakini akan mempengaruhi kuatnya ekonomi yang berujung pada kesejahteraan dan kemakmuran daerah tersebut. Atas latar belakang tersebut, Provinsi Sumatera Selatan mencoba untuk melaksanakan aktivitas city branding untuk membangun image positif untuk meningkatkan value daerahnya. Sumatera Selatan adalah salah satu bukti bagaimana suatu provinsitelah mendapatkan domino effect yang cukup signifikan dari city branding. Mulai dari terpilihnya kembali provinsi ini untuk menjadi cohost 18thAsian Games 2018, kemudian suntikan dana dari investor untuk pembangunan infrastruktur. Dengan image yang semakin baik pula wisatawan juga menjadi banyak berdatangan dan menambah kekuatan ekonomi daerah. Oleh karena itu penelitian ini dilakukan untuk memahami bagaimana Provinsi Sumatera Selatan dalam membangun brand image baru secara lebih dalam dan mendetail. Bagaimana proses city branding Sumatera Selatan hingga menuai brand image baru seperti sekarang adalah fokus dalam penelitian ini.

In Indonesia, city branding is not strange thing anymore. There are many large cities in Indonesia that do some city branding activities to improve its national and international values. A good city image or region is believed to affect economic that led to religion welfare and prosperity. Because of that, South Sumatera try to increase positive image and value through its city branding activities. South Sumatera is one of a proof how the region got that domino effect of city branding. It begins when South Sumatera got pick to be cohost of 18th Asian Games 2018 and then got a lot of funds to develop region infrastructure from investors. City branding also had a big influence for tourism visit that increase economic strength. Therefore, this research carried out for understanding how South Sumatera build a new brand image in detail process. How city branding of South Sumatera Province can build a new brand image is the main focus of this research.

Kata Kunci : branding, city, brand, image