Laporkan Masalah

Parental Guidance as Seen in Roald Dahl's Charlie and the Chocolate Factory

AULIA EKA HASANAH, Dra. Esmeraldayanti Sosronegoro, S.U.

2016 | Skripsi | S1 SASTRA INGGRIS

INTISARI Pola asuh orang tua sangat mempengaruhi perkembangan karakter anak. Orang tua adalah panutan utama anak untuk belajar. Untuk itu, orang tua harus menunjukkan tindakan yang baik didepan anak mereka, karena anak akan meniru secara alami apa yang mereka lihat atau dengar. Sehubungan dengan pola asuh orang tua, penelitian ini bertujuan untuk mengungkap pola asuh orang tua dan dampaknya terhadap karakter anak dalam novel karya Roald Dahl berjudul Charlie and The Chocolate Factory. Karena penulis menganalisis penelitian ini tanpa menghubungkannya dengan penulis, pembaca dan sumber lain, maka pendekatan objektif oleh M.H Abrams digunakan dalam penelitian ini. Data diambil dari percakapan, dialog dan statement tertulis lainnya yang menunjukkan interaksi antara orang tua dan anak. Data lalu dianalisis dan diolah untuk ditarik kesimpulan tentang pola asuh orang tua dan dampaknya terhadap perkembangan karakter anak. Dari hasil penelitian dapat terlihat bahwa, anak yang di asuh secara secara permisif dan uninvolved menyebabkan mereka terhenti dari tur pabrik coklat dan menerima hukuman dari tindakan buruk mereka sendiri. Dan anak yang di didik secara authoritative keluar sebagai pemenang hadiah utama dari Tuan Wonka, karena dia selalu mematuhi aturan, bersikap santun, serta tidak melakukan hal yang bersifat merusak atau merugikan

Parental guidance is very influential in children's characters development. Parents are the very first role model for children to learn. Thus, parents should show the good action in front of their children, because children will naturally imitates what they see or hear. In relation to the parental guidance, this paper is aimed to reveal the parental guidance and its impact to the children's character in the novel entitled Charlie and the Chocolate Factory. Since the writer aim to analyze the work without relating it to the author, reader, and universe, the objective approach by MH Abrams is used to be applied. The data are taken from the conversation, dialogue and other written statement that show the interaction between parents and children. The data are then analyzed and elaborate to find out the parental guidance and the impact to the children's character development. From the analysis, it can be seen that the children which are guided with permissive and uninvolved parenting are expelled from the tour and recieve a punishment because of their own bad action. The hero, which is guided with authoritative parenting style finally wins the prize because he always obeys the rule and not doing anything destructive or harmful.

Kata Kunci : pendekatan objektif, pola asuh, karakter, karakterisasi, anak/Objective theory, parenting, character, characterization, children

  1. S1-2016-328934-abstract.pdf  
  2. S1-2016-328934-bibliography.pdf  
  3. S1-2016-328934-tableofcontent.pdf  
  4. S1-2016-328934-title.pdf