Laporkan Masalah

RESEPSI PESAN TOLERANSI BERAGAMA DALAM FILM P.K (Resepsi Pada Mahasiswa Pesantren Rausyan Fikr Yogyakarta)

ASTYA HANIEFA, Dian Arymami, S.I.P., M.Hum.

2016 | Skripsi | S1 ILMU KOMUNIKASI

Kemajuan teknologi telah membuat audiens menjadi jauh lebih aktif dari sebelumnya. Fenomena audiens aktif juga mengacu pada media lain yang dapat dikonsumsi secara repetitif sesuai dengan kehendak audiens. Media film, khususnya, memiliki penggambaran yang jelas mengenai pesan yang hendak disampaikan Film P.K yang mengangkat isu toleransi beragama sekaligus pesan-pesan toleransi di dalamnya kemudian diangkat sebagai objek penelitian. Film ini memberikan pesan-pesan yang kontroversial mengenai toleransi beragama yang tidak berasal dari sudut pandang satu agama saja, namun dari sudut pandang kemanusiaan. Penelitian ini sendiri bertujuan untuk mengetahui cara pandang khalayak mengenai pesan toleransi beragama yang digambarkan dalam film P.K. dengan menggunakan Analisis Resepsi dari Stuart Hall. Peneliti menelaah pemaknaan pesan dalam film kepada lima orang informan dengan latar belakang dan kebudayaan yang berbeda-beda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembacaan audiens dalam penelitian ini terbagi dua, yaitu pada Dominant position dan Negotiated position. Terdapat empat audiens yang berada pada posisi Dominant dan satu orang audiens berada pada posisi Negotiated. Sementara itu, tidak ada audiens yang berada pada posisi Oppositional Reading. Pemaknaan audiens ini dipengaruhi oleh berbagai faktor, terutama faktor konsumsi media, pendidikan, dan budaya.

The advancement of technology has been making the audience more active than ever before. This phenomenon of active audience is also referred to another medium that can be consumed repetitively according to audience's will. Film, especially, has clear visualization about the message that is going to be delivered. P.K, movie that takes up the religious tolerance issue, which is also giving the religious tolerance message to its audience, is chosen as the object of this research. This movie is giving the controversial religious tolerance view from humanity rather than one religion view only. This research's purpose is to know how the audiences receipt the religious tolerance message that is visualized in P.K movie by using the Reception Analysis from Stuart Hall. Researcher figured out the message meaning on film to five audiences from different background and culture. The result of this research show that the audience's reading divided into two, the Dominant position and the Negotiated position. There are four audience's on the Dominant position and one audience on the Negotiated position. Meanwhile, there is no audience in the Oppositional position. The audience's meaning is affected by many factors, especially the media consumption, education, and culture.

Kata Kunci : resepsi, film, toleransi beragama, reception, movie, religious tolerance

  1. S1-2016-314307-abstract.pdf  
  2. S1-2016-314307-bibliography.pdf  
  3. S1-2016-314307-tableofcontent.pdf  
  4. S1-2016-314307-title.pdf