Laporkan Masalah

EXPLORING THE RELATIONSHIP BETWEEN ADMISSION SYSTEM, STUDENT ENGAGEMENT, AND STUDENT ACHIEVEMENT IN UNDERGRADUATE PROGRAM

FUSKA A. R. ARFINES, Prof. Dr. Ir. Sahid Susanto, MS; Dr-Ing. Singgih Hawibowo

2016 | Tesis | S2 MANAJEMEN PENDIDIKAN TINGGI

Penelitian ini mengeksplorasi hubungan antara jalur masuk Universitas Gadjah Mada (UGM), keterlibatan aktif mahasiswa, dan prestasi belajar. Populasi penelitian ini berasal dari seluruh mahasiswa program S-1 di Universitas Gadjah Mada UGM pada tahun 2014 (mewakili mahasiswa tahun pertama) dan 2012 (mewakili mahasiswa tahun senior). Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan antara jalur masuk dan IPK, mengetahui hubungan antara keterlibatan aktif mahasiswa dan IPK, dan untuk menguji apakah sistem penerimaan dan keterlibatan siswa mempengaruhi prestasi belajar. Penelitian ini menggunakan data ISSLA (Indonesian Survey of Student Learning Activities) untuk mendapatkan data mengenai jalur masuk UGM, IPK dan tingkat keterlibatan aktif mahasiswa. Data ISSLA (diadaptasi dari NSSE - National Survey of Student Engagement) mengukur tingkat keterlibatan aktif yang terpusat pada mahasiswa dan digunakan untuk meningkatkan praktik pendidikan di pendidikan tinggi. Untuk menjawab permasalahan penelitian, penggunaan analisis statistika dalam penelitian ini terdiri dari statistik deskriptif dan statistik inferensial menggunakan regresi. Analisis dilakukan dengan menggunakan program statistik SPSS (Paket perangkat lunak yang digunakan untuk analisis statistik). Hasil penelitian yang pertama menunjukkan bahwa ada korelasi positif antara jalur masuk dan IPK pada mahasiswa tahun pertama dan tidak ada ada korelasi yang signifikan antara jalur masuk dan IPK pada mahasiswa tingkat akhir. Hasil penelitian yang kedua menunjukkan bahwa ada hubungan yang signifikan antara keterlibatan aktif mahasiswa dengan prestasi belajar untuk mahasiswa tahun pertama dan tidak ada hubungan yang signifikan antara keterlibatan aktif mahasiswa dengan prestasi belajar untuk mahasiswa tingkat akhir. Temuan terakhir menunjukkan bahwa ada hubungan yang signifikan antara sistem penerimaan, keterlibatan aktif mahasiswa dengan IPK untuk mahasiswa tahun pertama dan tidak ada korelasi padamahasiswa tingkat akhir. Lebih lanjut, IPK dipengaruhi oleh keterlibatan aktif mahasiswa pada mahasiswa tahun pertama dan tidak berpengaruh pada mahasiswa tingkat akhir.

This study is exploring the relationship between admission system, academic engagement, and academic achievement. The population of this study come from all students at Universitas Gadjah Mada (UGM) in the year of 2014 (represent first year student) and 2012 (represent senior year student). The aim of this study is to find the correlation between admission system and GPA, to find the correlation between student engagement and GPA, and to test whether or not the admission system and student engagement predicts achievement. This study uses ISSLA (Indonesian Survey of Student Learning Activities) data in order to get the data of admission system, GPA and engagement level of the student. ISSLA data (adapted from NSSE - National Survey of Student Engagement) points out in measuring engagement level which use to improve educational practice. To answer the research problem, the analysis use in this study consists of descriptive and inferential statistics using regression. The analysis done using statistics program called SPSS (Statistics is a software package used for statistical analysis). The first finding of this study shows there was a positive correlation of admission system on GPA for first year student and there was no significant correlation of admission system on GPA for senior year student. The second finding of this study shows that there was a significant correlation between student engagement and student achievement for first year student and there was no significant correlation between student engagement and student achievement for senior year student. The last finding shows that there was significant relationship between admission system, student engagement and GPA for first year student and no correlation for senior student. It was also found that student engagement predicted GPA for first year student and did not predict for senior year student.

Kata Kunci : Jalur Masuk, Keterlibatan Aktif Mahasiswa, ISSLA, NSSE, Prestasi Belajar, IPK / Admission System, Student Academic Engagement, ISSLA, NSSE, Student Academic Achievement, GPA

  1. S2-2016-371971-abstract.pdf  
  2. S2-2016-371971-bibliography.pdf  
  3. S2-2016-371971-tableofcontent.pdf  
  4. S2-2016-371971-title.pdf