Laporkan Masalah

PENGARUH PENDIDIKAN KESEHATAN DENGAN PEER EDUCATION DAN DISKUSI INTERAKTIF TERHADAP PENGETAHUAN MASALAH KEHAMILAN TIDAK DIINGINKAN

Myka A. Yusron, Dr. Mubasysyir Hasanbasri, M.A.;Prof.dr. Mohammad Hakimi,SpOG(K),PhD

2016 | Tesis | S2 Ilmu Kesehatan Masyarakat

Latar Belakang:Remaja merupakan fase perkembangan individu yang ditandai dengan mulai berfungsinya system reproduksi. Rendahnya pengetahuan remaja tentang kesehatan reproduksi dapat memberikan dampak negative. Oleh karena itu diperlukan adanya pendidikan kesehatan reproduksi remaja yang dapat disampaikan melalui berbagai metode pendidikan seperti dengan peer education dan diskusi interaktif melalui audiovisual. Tujuan: Mengetahui antara metode peer education dan diskusi interaktif melalui media audiovisual yang lebih efektif untuk meningkatkan pengetahuan masalah kehamilan tidak diinginkan setelah dilakukan pendidikan kesehatan Metode: Quasi eksperimen, analisis kuantitatif dengan rancangan randomized control trial dilakukan pada 99 mahasiswa Akper YKY Yogyakarta. Hasil: Ada perbedaan pengetahuan yang bermakna pada metode diskusi interaktif melalui audiovisual dengan nilai Δ mean 21.62 dan t hitung 8.66. Tidak ada perbedaan pengetahuan yang bermakna pada metode peer education dengan nilai Δ mean -5.62 dan t hitung -1.92. Ada perbedaan pengetahuan yang bermakna pada metode ceramah dengan nilai Δ mean -14.34 dan t hitung -5.67 Kesimpulan : Ada pengaruh pendidikan kesehatan dengan metode diskusi interaktif melalui audiovisual dan peer education t e r h a d a p p e n g e t a h u a n d a l a m meningkatkan pengetahuan masalah kehamilan tidak diinginkan. Metode diskusi interaktif melalui audiovisual lebih efektif dalam meningkatkan pengetahuan masalah kehamilan tidak diinginkan pada vremaja dari pada metode peer education.

Background: Adolescent is a phase marked by the people who started the functioning of the reproductive system. Lack of knowledge of adolescent on reproductive health can negatively affect. Therefore, it is necessary to adolescent reproductive health education thet can be delivered through a variety of educational methods such as peer education and interactive discussions via audiovisual. Objective: To determine the method of peer education and interactive discussions via audiovisual media more effectively to changes in cognitive abilities in solving the problrm of unwanted pregnancy after health education. Methods: Quasi-experimental, quantitative analysis and design randomized control trial conducted 99 in student of Nursing YKY Yogyakarta. Results: There are significant differences in the method of knowledge through audiovisual interactive discussion with a value of mean Δ 21.62 and a mean t 8.66. No differences were significant knowledge on peer education method with the value Δ mean -5.62 and t -1.92. There are significant differences in the knowledge on the lecture method with the value Δ mean -14.34 and t - 5.67. Conclusion: No effect of health education with interactive discussions through audiovisual methods and peer education to knowledge in improving knowledge of the problem of unwanted pregnancies. Interactive discussions via audiovisual method is more effective in improving knowledge of the problem of unwanted pregnancies in adolescents than in peer education methods Keywords: Health education methodsthrough audiovisual interactive

Kata Kunci : Health education methodsthrough audiovisual interactive