Faktor-faktor yang Mempengaruhi Prestasi Akademik Mahasiswa
AULIA KIRANA, Dr. Murtini, SU., Psikolog.
2016 | Tesis | S2 PsikologiPrestasi akademik merupakan suatu tantangan yang dihadapi oleh mahasiswa sebagai salah satu ukuran kesuksesan dalam proses pembelajaran. Selain sebagai simbol pencapaian mahasiswa, prestasi akademik digunakan sebagai salah satu parameter mutu pembelajaran dan evaluasi bagi institusi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui sumbangan efektif efikasi diri akademik, keterikatan mahasiswa dan keterikatan terhadap media sosial pada prestasi akademik mahasiswa. Penelitian dilakukan pada 314 mahasiswa dengan menggunakan skala efikasi diri akademik (alfa=0,83), skala keterikatan mahasiswa (alfa=0,874), skala keterikatan terhadap media sosial (alfa=0,868) dan nilai IPK mahasiswa. Data diolah dengan menggunakan analisis regresi metode stepwise. Hasil analisis regresi mengungkap bahwa variabel keterikatan mahasiswa tidak memiliki kontribusi signifikan terhadap prestasi akademik mahasiswa. Efikasi diri akademik, dan keterikatan terhadap media sosial secara bersama-sama memberikan sumbangan sebesar 11,7% terhadap prestasi akademik mahasiswa (sig=0,001). Efikasi diri memberikan sumbangan terbesar sebanyak 10,6%. Temuan penelitian menunjukkan bahwa efikasi diri akademik dan keterikatan terhadap media sosial merupakan faktor yang mempengaruhi prestasi akademik mahasiswa. Namun, semakin tinggi keterikatan terhadap media sosial muncul kecenderungan bahwa prestasi akademik akan semakin menurun.
Academic achievement is a challenge faced by higher education students as a measure of success in the process of learning. Aside as being the symbol of the students accomplishments, academic achievements, are used as a parameter for the quality of teaching and self-evaluation for the institution. This research aimed to know the effective contribution of academic self-efficacy, student engagement and social media engagement on higher education students academic achievements. This research was done to 314 students by using academic self efficacy scale (alfa=0,83), student engagement scale (alfa=0,874), social media engagement scale (alfa=0,868) and the students GPA. Data was analyzed using the stepwise method of regression analysis. The result from regression analysis showed that the student engagement variable did not have any significant contribution toward students academic achievements. Academic self efficacy and social media engagement are influential factors toward students academic achievements. Academic self efficacy and social media engagement altogether gave an 11.7% contribution to students academic achievement (sig=0,001). Self-efficacy gave the biggest contribution of 10.6%. The findings of the research showed that academic self efficacy and social media engagement are factors that can influence academic achievements. However, the higher the engagement to social media, a tendency surfaced, their academic achievements dropped.
Kata Kunci : prestasi akademik, efikasi diri akademik, keterikatan mahasiswa, keterikatan terhadap media sosial