PENGEMBANGAN MODEL BISNIS KOSMETIKA RIAS DI PT. XYZ INDONESIA
RONNI ARDIANSYAH, Wakhid Slamet Ciptono, MBA, MPM, Ph.D.
2016 | Tesis | S2 ManajemenIndustri FMCG (Fast Moving Consumer Good) merupakan industri yang saat ini menjadi primadona di indonesia. Dari tahun ke tahun industri ini selalu tumbuh jauh diatas pertumbuhan ekonomi Indonesia. Bahkan di saat ekonomi dunia dan Indonesia melambat (2015), industri FMCG tetap mampu bertahan tumbuh hampir 2x lipat dari pertumbuhan ekonomi (7.4%). Diantara penyokong pertumbuhan FMCG adalah industri kosmetik rias yang tumbuh sebesar 17% di tahun 2015. Pertumbuhan industri kosmetik tentu membuat pihak-pihak yang bermain di industri ini berusahan sekuat tenaga untuk bisa mengambil sebanyak mungkin dari pangsa pasar yang ada. Salah satunya adalah PY. XYZ Indonesia yang termasuk dalam top 5 pemain kosmetik terbesar di Indonesia. Bagi PT. XYZ menjadi pemenang di industri kosmetik khususnya kosmetik rias adalah sesuatu yang tidak bisa ditawar untuk bisa menjadi pemain yang kuat di industri kosmetik. Keunggulan grup XYZ di dunia sebagai produsen produk kosmetik rias sudah dikenal oleh para pemakai produk kosmetik rias. Kondisi PT. XYZ Indonesia yang sangat berbeda dengan kondisi grup secara dunia membuat PT. XYZ perlu melihat dan melakukan evaluasi terhadap bisnis modelnya di Indonesia terlebih menghadapi kenyataan pertumbuhan negatif disaat pasar bertumbuh sangat pesat. Recana Bisnis ini disusun menggunakan pendekatan analisa lingkungan eksternal perusahaan dan lingkungan internalnya, serta mencoba memasukannya ke dalam konsep struktur perencanaan model bisnis sehingga menghasilkan model bisnis yang baru dengan pendekatan nine building blocks khusus untuk bisnis kosmetik rias PT. XYZ Indonesia.
FMCG (Fast Moving Consumer Goods) Industry is currently becoming rising star industry in Indonesia. From year to year this industry has always been growing far above national GDP growth. When world's or Indonesia's Economics declined (2015), FMCG industry keep growing and could maintain its growth almost twice of Indonesia's Economic growth. And one of the growth contributor was cosmetics industry which has grew 17% in year 2015. With such of growth rate, Cosmetics Industry has made players inside this industry do their best to outperformed the competition in order to get more market share. One of the most aggressive player in this industry is PT. XYZ Indonesia who has becoming part of top 5 cosmetics player in Indonesia. For PT. XYZ, win in cosmetics industry, especially in make-up is something that is a must have condition in order to be a champion in total beauty industry. XYZ group has been known by worldwide make-up users for its product superiority. However, condition of PT. XYZ Indonesia doesn't reflect the same superiority. This leads PT. XYZ Indonesia to review and evaluate their business model in Indonesia especially with condition that they have negative growth in 2015 while the market growing positively. This business plan prepared using company external and internal approach, while inserting the analysis using business model planning concept to be able to come with new approach of nine building blocks special for make-up business of PT. XYZ Indonesia.
Kata Kunci : Kewirausahaan, Bisnis Kosmetik Rias, Model Bisnis Kanvas, Model Bisnis Kosmetik Rias, Entrepreneurship, Business Make-Up Cosmetics, Business Model Canvas, Make-Up Business Model.